SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Perusahaan Batik Syukron Pekalongan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam
Bisnis merupakan serangkaian peristiwa yang melibatkan pelaku bisnis, terkait dengan komunikasi pemasaran dalam persaingan yang semakin kompetitif, maka perusahaan tidak bisa lepas dari etika bisnis Islam. Ketika etika difahami sebagai seperangkat prinsip moral yang benar maka etika diperlukan dalam bisnis karena aplikasi etika identik dengan pengelolaan bisnis yang profesional. Dengan semakin tinggi kualitas yang diberikan oleh perusahaan, diharapkan mampu menarik respon positif pelanggan maka kemudian pelanggan akan loyal terhadap perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pada perusahaan Batik Syukron Pekalongan dan bagaimana bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap strategi pemasaran perusahaan Batik Syukron Pekalongan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (filed research) yang bersifat kualitatif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan dilapangan. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan strategi pemasaran yang berupa marketing mix dan strategi pemasaran markting mix ditinjau dari etika bisnis Islam di perusahaan Batik Syukron. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Bahwa perusahaan Batik Syukron dalam melakukan kegiatan strategi pemasaran (Bauran Pemasaran) 4P yaitu product, place, price and promotion. Product yang ditawarkan adalah bermutu memberikan kualitas produk yang bagus tanpa mengurangi takaran. Price harga sesuai dengan kualitas produk yang diberikan tanpa merugikan konsumen maupun pihak Batik Syukron. Place tempat bersih, nyaman strategis karena memudahkan konsumen untuk mengakses toko Batik Syukron yang berada di pinggir jalan raya dan di area Mall. Promotion melalui media internet dan pameran tidak menggunakan sumpah palsu sesuai dengan keadaan produk yang akan dijual. Dalam penerapan strategi pemasaran perusahaan Batik Syukron telah menerapkan strategi pemasaran (bauran pemasaran) sesuai dengan etika bisnis Islam, namun Batik Syukron melalaikan etika bisnis Islam dalam pembuangan limbah hasil produksi langsung dibuang ke saluran air tanpa pengolahan limbah secara baik..
19SK1941065.00 | SK EKOS 19.065 HUS s | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain