SKRIPSI PGMI
Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas IV MIS NU Nurul Huda Luragung Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan
MIS NU Nurul Huda Luragung merupakan sekolah yang berbasis islam yang dalam pelaksanaanya banyak di materi pelajaran agama islam, sekolah tersebut banyak pelajaran agama namun bisa di rangkum dengan pelajaran PAI, sehingga guru yang mengajar yaitu guru PAI, selain melakukan kegiatan meberikan pelajaran juga menanamkan karakter terhadap peserta didik, oleh karena itu peneliti membahas guru PAI dalam pembentukan karakter.
Adapun rumusan masalah dari skripsi ini adalah Bagaimana peran guru PAI dalam membentuk karakter peserta didik kelas IV MIS NU Nurul Huda Luragung Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan, Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik kelas IV MIS NU Nurul Huda Luragung Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan, Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui peran guru PAI dalam membentuk karakter peserta, Untuk Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakter peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MISNU Nurul Huda Luragung Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan,
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu peneliti mengumpulkan data penting secara terbuka terutama dimaksudkan untuk mengembangkan tema-tema dari data, Jenis spenelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam keadaan alamiah
Hasil dari penelitian ini adalah Kegiatan Guru PAI dalam pembentukan karakterkelas IV MIS NU Nurul Huda Luragung, guru PAI telah melaksanakan kegiatan dalam rangka pembentukan karakter yaitu dengan menanamkan nilai pendidikan karakter dalam kegiatan Pembentukan Karakter meliputi nilai Disiplin, Religius, Peduli Lingkungan, Tanggung Jawab terhadap peserta didik MIS NU Nurul Huda Luragung, adapun dalam melaksanakan hal tesebut ada factor pendukung dan penghambat, Faktor Pendukung dalam kegiatan Pembentukan Karakter: Dukungan kepala sekolah, contoh perilaku yang dilakukan kepala sekolah, Partisipasi Masyarakat. Faktor Penghambat : kurangnya perhatian guru-guru terhadap pendidikan karakter peserta didik, kurangnya perhatian wali murid terhadap peserta didik, kurangnya penanaman kepala sekolah terhadap peserta didik dalam pendidikan karakter.
19SK1923071.00 | SK PGMI 19.071 RIY p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain