SKRIPSI PGMI
Pengaruh Tingkat Pemahaman Materi Fiqih Terhadap Pengamalan Ibadah Siswa Kelas III MSI 12 Pabean Kota Pekalongan
Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran pendidikan agama Islam yang sangat besar peranannya dalam membentuk sikap dan pribadi keagamaan individu atau siswa. Oleh karena itu, fiqih diajarkan pada setiap jenjang pendidikan Islam, mulai dari tingkat dasar sampai dengan tingkat tinggi. Hal ini bertujuan agar siswa dapat mempelajari syariat Islam secara lengkap dan benar serta untuk menciptakan kualitas ibadah yang lebih baik.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah terdapat pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas III MSI 12 Pabean Kota Pekalongan? Seberapa besar pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas III MSI 12 Pabean Kota Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas III MSI 12 Pabean Kota Pekalongan dan mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas III MSI 12 Pabean Kota Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan terutama jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah tentang pengamalan ibadah siswa melalui tingkat pemahaman materi fiqih dan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi sekolah untuk meningkatkan pembelajaran fiqih guna meningkatkan pengamalan ibadah siswa dan dapat memberikan motivasi kepada guru dalam meningkatkan kualitas mengajar.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah adanya pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa, dimana nilai thitung= 11,885 pada tingkat signifikansi 5 % nilai ttabel = 2,024 maka ttest = 11,885 > ttabel 2,024 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa. Besar pengaruh tingkat pemahaman materi fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa adalah 79,9 % dan sisanya 20,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
19SK1923068.00 | SK PGMI 19.068 MUS p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain