SKRIPSI PGMI
Penerapan Media Dekak-Dekak Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Tentang Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelas IV MI Wahid Hasyim Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Salah satu media yang dapat digunakan dalam menunjang pelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar adalah media atau alat peraga dekak-dekak. Media atau alat peraga dekak-dekak adalah salah satu alat peraga matematika yang dapat digunakan untuk menjelaskan konsep atau pengertian nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, ribuan). Serta dapat digunakan dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Media dekak-dekak berfungsi untuk menolong siswa dalam mempelajari menulis lambang bilangan bermacam macam basis bilangan. Salah satu media pengajaran matematikan yang digunakan untuk menjelaskan konsep nilai suatu bilangan serta hitungan penjumlahan dan pengurangan
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana hasil belajar mata pelajaran matematika tentang materi operasi penjumlahan dan pengurangan pada kondisi pra siklus di MI Wahid Hasyim Warungasem? Apakah penerapan media dekak-dekak dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika dalam materi operasi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Warungasem Kecamatan Warung Asem Kabupaten Batang?.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, tes, dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah kelas IV MI Wahid Hasyim Warungasem Kecamatan Warung Asem Kabupaten Batang.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan sebelum menggunakan media dekak-dekak mempunyai rata-rata kelas 60,3. Sedangkan pada siklus I rata-ratanya sebesar 73,2. Jadi, hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media pembelajaran dekak-dekak rata-rat kelasnya meningkat sebesar 12,9 dari sebelum menggunakan media pembelajaran dekak-dekak. Sedangkan pada siklus II rata-ratanya sebesar 83,3. Jadi, hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media pembelajaran dekak-dekak rata-rata kelasnya meningkat sebesar 10,1 dari siklus I.
19SK1923064.00 | SK PGMI 19.064 ROH p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain