SKRIPSI PAI
Efektifitas Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Mawaris Kelas XI Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah Hadirul Ulum Ulujami Pemalang
Fikih mawaris termasuk kedalam bidang tatanan kehidupan manusia dimana didalamnya mengatur tentang suatu hal yang ditinggalkan kepada pihak terkait baik berupa harta pusaka maupun amanah lainnya. dimana materi yang ada didalamnya begitu kompleks dan agak rumit. Sehingga dalam penyampaiannya membutuhkan strategi serta metode yang varian dan menarik agar mampu memahamkan siswanya. Dengan siswa paham terhadap materi, maka hasil belajar akan menjadi maksimal sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana efektifitas penerapan metode card sort dalam meningkatkan hasil belajar Fikih Mawaris kelas XI Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Hadirul Ulum Ulujami Pemalang? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui keefektifan penerapan metode card sort dalam meningkatkan hasil belajar Fikih Mawaris kelas XI Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Hadirul Ulum Ulujami Pemalang. Adapun kegunaan penelitian ini yakni (1) secara teoritis Memberikan kontribusi ilmiah bagi pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islam dalam upaya memberikan sebuah pembelajaran pada siswa. (2) secara praktis yaitu Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pendidik agar memahami tentang salah satu cara mengajar efektif guna meningkatkan kualitas pendidikan selanjutnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian Eksperimen dengan bentuk desain Pretest- Posttest Control Group Design yakni menguji secara langsung terkait metode pembelajaran didalam satu kelas sebagai objek eksperimen dan satu kelas yang lain dijadikan kelas kontrol sebagai pembanding. Adapun kelas yang dijadikan objek Eksperimen yaitu kelas XI B dengan jumlah siswa 24 anak.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu metode card sort cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi Fikih Mawaris. Dengan semangat belajar tentu sangat berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari perubahan ketuntasan belajar kelas Kontrol dan kelas Eksperimen. Pada kelas Kontrol nilai ketuntasan dari 17,39% meningkat menjadi 60,87% dengan nilai rata-rata akhir 73,9. Sedangkan untuk kelas Eksperimen nilai ketuntasan dari 16,67% meningkat menjadi 79,17% dengan nilai rata-rata akhir 82,5.
19SK1921381.00 | SK PAI 19.381 BUK e | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain