TESIS PAI
Pengaruh Spiritual Quotient (SQ) dan Emotional Quotient (EQ) Terhadap Self Regulation Siswa SMA N 2 Pekalongan
Regulasi diri (Self Regulation) pada diri seseorang akan dapat ditunjukkan lewat bagaimana ia bertindak baik terhadap, diri sendiri, orang lain, maupun dalam ketaatan beragama. Maka kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional diindikasi mempunyai pengaruh dalamkaitannya membangun regulasi diri individu. Kemudian, peneliti mecoba menarik masalah regulasi diri ke siswa SMA N 2 Pekalongan,yang mana masa SMA merupakan usia peralihan menuju masa dewasa, sehingga regulasi diri siswa SMA masih terbentuk, dan diindikasi SQ dan EQ siswa SMA N 2 Pekalongan turut mempengaruhi pembentukan regulasi diri siswa.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah SQ (Spiritual Quotient) berpengaruh terhadap self regulation siswa SMA N 2 Pekalongan secara parsial? Apakah EQ (Emotional Quotient) berpengaruh terhadap self regulation siswa SMA N 2 Pekalongan secara parsial? Apakah SQ (Spiritual Quotient) dan EQ (Emotional Quotient) berpengaruh terhadap self regulation siswa SMA N 2 Pekalongan secara simultan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis SQ (Spiritual Quotient) berpengaruh terhadap Self Regulation siswa SMA Negeri 2 Pekalongan secara parsial. Untuk menganalisis EQ (Emotional Quotient) berpengaruh terhadap Self Regulation siswa SMA Negeri 2 Pekalongan secara parsial. Untuk menganalisis SQ (Spiritual Quotient) dan EQ (Emotional Quotient) berpengaruh terhadapSelf Regulation siswa SMA Negeri 2 Pekalongan secara simultan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SQ (Spiritual Quotient) dan EQ (Emotional Quotient) turut mempengaruhi pengaturan diri (Self Regulation) pada individu baik secara parsial maupun simultan. Hasil analisis Pengaruh pengaruh Spiritual Quotient (SQ) terhadap Self Regulation Siswa SMA Negeri 2 Pekalongan menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Dimana thitung sebesar 2,742 sedangkan ttabel sebesar 2,00324 pada taraf signifikansi 5%. Maka thitung (2,742) > ttabel (2,00324) sehingga Ho ditolak, H diterima.. Hasil analisis Pengaruh pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap Self Regulation Siswa SMA Negeri 2 Pekalongan menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Dimana thitung sebesar 8,555, sedangkan ttabel sebesar 0,00044 pada taraf signifikansi 5%. Maka thitung (8,555) > ttabel (2,00324) sehingga Ho ditolak, H diterima. Kemudian, Hasil analisis pengaruh pengaruh Spiritual Quotient (SQ) dan Emotional Quotient (EQ) terhadap Self Regulation siswa SMA Negeri 2 Pekalongan menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara pengaruh Spiritual Quotient (SQ) dan Emotional Quotient (EQ) terhadap Self Regulation siswa SMA Negeri 2 Pekalongan. Dimana Fhitung ialah 41.096, sedangkan Ftabel ialah 3,16. Pada tingkat signifikan 5% nilai Fhitung 41.096 > Ftabel 3,16 sehingga Ho ditolak, H diterima.
19TS1952034.00 | TS Pps.PAI 19.034 BAI p | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain