SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Doro Kabupaten Pekalongan
Inayah, Zuhrotul. 2021114108 Implementasi Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 03 Doro Kabupaten Pekalongan.Skripsi Jurusan Tarbiyah/S1 PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pembimbing: H. AbdulKhobir, M.Ag
Kata kunci : Implementasi Metode NHT dan Pelajaran PAI
Pengajaran merupakan pendidikan dan latihan, pendidikan merupakan persoalan penting bagi semua insan, yang selalu menjadi tumpuan dan harapan untuk mengembangkan individu dan masyarakat. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya dimasa akan datang. Numbered Head Together (NHT) merupakan salah satu dari sekian banyak teknik dalam model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling berkomunikasi secara aktif dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Jadi model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini digunakan untuk melibatkan peserta didik terhadap materi pembelajaran dengan lengkap berpikir bersama dalam kelompok kecil untuk menemukan jawaban yang dianggap paling tepat dari permasalahan yang diberikan yang bertujuan agar siswa dapat mampu mengikuti pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1).Bagaimana implementasi metode numbered head together dalam pendidikan agama Islam di SMP N 3 Doro Kabupaten Pekalongan.2). Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi metode numbered head together dalam pendidikan agama Islam di SMP N 3 Doro Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah:1).Untuk mendeskripsikan implementasi metode numbered head together (NHT) dalam pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Doro. 2). Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi metode numbered head together dalam pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Doro.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan analisis tanpa menggunakan analisis statistik maupun kualifikasi lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode inteview, metode observasi, dan metode dokumentasi. Sumber data yang di gunakan berwujud data primer dan sekunder. Bahwa metode yang digunakan metode deskriptif. Analisa deskriptif merupakan metode yang mendeskriptifkan dan mengidentifikasikan apa yang ada baik mengenai kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang tumbuh, proses yang sedang berlangsung dan kcenderungan yang tengah berkembang
ix
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi metode pembelajaran numbered head together (NHT) dalam pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMP Negeri 3 Doro Kabupaten Pekalongan sudah cukup baik. Pembelajaran NHT adalah pembelajaran kooperatif yang dilakukan dengan melibatkan para siswa untuk saling berinteraksi serta berfikir bersama, sehingga setiap siswa dapat aktif dalam penguasaan materi dengan cara menggunakan nomor pada kepala masing-masing siswa yang memudahkan guru untuk mengeksplor aktifitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dapat dpresentasikan di depan kelas.Sintaks dalam pembelajaran NHT antara lain: persiapan, pembentukan kelompok, memastikan setiap kelompok harus memiliki buku paket dan buku panduan, diskusi masalah, memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban, diakhiri dengan pemberian kesimpulan. Kelebihan dalam pelaksanaan metode NHT yaitu guru yang memiliki kompetensi dan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dalam pembelajaran. Sedangkan krkurangan dalam pelaksanaan metode NHT sulitnya siswa dalam menyesuaikan metode Numbered Heads Together dan terbatasnya waktu pembelajaran dengan menggunakan metode Numbered Heads Together.
19SK1921372.00 | SK PAI 19.372 INA i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain