SKRIPSI PAI
Upaya Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Di SMK Ma'arif NU Talang Kabupaten Tegal
Yanti, Tri. 2018. Upaya Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dewi Puspitasari, M.Pd
Kata Kunci: Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam dan Pelanggaran Tata Tertib
Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang upaya guru rumpun pendidikan agama Islam dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa dengan alasan karena melihat fenomena siswa sekarang semakin mengalami kemrosotan moral akibat pelanggaran yang mereka lakukan, sehingga perlu adanya pengawasan untuk memperbaiki perilaku siswa menjadi baik. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya upaya yang dilakukan guru rumpun PAI untuk mengatasi pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya guru rumpun PAI dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal, Bagaimana bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib siswa di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana upaya guru rumpun PAI dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal, untuk mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib siswa, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa.
Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang pada analisisnya menekankan pada proses penyimpulan data deduktif serta induktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, model data dan penarikan serta verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru rumpun PAI dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa melalui tiga tahapan, yaitu: preventif (pencegahan), kuratif (penyembuhan), dan pembinaan. Sedangkan bentuk-bentuk pelanggaran yang terjadi di SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal berupa: datang terlambat, membolos, merokok, dan membawa HP. Sedangkan faktor pendukungnya meliputi: memberikan keteladan, adanya pengkajian kitab Tasyirul Kholaq, dan memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar. Adapun faktor penghambatnya meliputi: kurangnya home visit yang dilakukan pihak sekolah, gerbang sekolah terbuka, dan kurangnya perhatian dari guru.
19SK1921371.00 | SK PAI 19.371 YAN u | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain