SKRIPSI PAI
Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kebiasaan Shalat Siswa Kelas IV MI Islamiyah Petarukan Pemalang
Ika, Romadhon ,2018. Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kebiasaan Shalat Siswa Kelas IV MI Islamiyah Petarukan Kabupaten Pemalang. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Islam Agama Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Drs. H. Akhmad Zaeni, M, Ag.
Kata Kunci : Peran guru dan orang tua, Kebiasaan shalat, Siswa Kelas IV MI Islamiyah Petarukan.
Pembiasaan shalat yang diajarkan oleh guru dan orang tua dalam membentuk kedisiplinan ibadah merupakan suatu tanggung jawab guru maupun orang tua dalam mendidik anak agar terbiasa menaati dan mematuhi peraturan dan ketentuan ibadah yang telah ditetapkan dengan cara mengendalikan diri agar tidak melakukan pelanggaran yang dilakukan secara kontinue dan bertahab sehingga akan tertanam kuat dalam diri seseorang. Karena pada dasarnya tidak hanya guru lah yang bertugas mendidik siswa akan tetapi orang tua lah yang mempunyai tanggung jawab besar dalam mendidik putra-putrinya agar memiliki karakter yang baik sesuai dengan apa yang di harapkan dan menjadi insan islami yang sesungguhnya. Maka dari itu siswa perlu adanya arahan dari berbagai pihak baik keluarga, sekolah maupun lingkungan sekitar.
Rumusan Masalah dari penelitian ini ialah bagaimana peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan kebiasaan shalat siswa kelas IV di Mi Islamiyah Petarukan Pemalang dan faktor-faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan kebiasaan shalat siswa kelas IV Mi Islamiyah Petarukan Pemalang Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peran Guru dan Orang Tua dalam menumbuhkan kebiasaan shalat siswa kelas IV Mi Islamiyah. Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dari peran guru dan orang tua dalam menumbuhkan kebiasaan shalat siswa kelas IV MI Islamiyah Petarukan Kegunaan peneliti ini yaitu sebagai masukan untuk guru dan orang tua tantang cara bagaimana menumbuhkan kebiasasaaan shalat pada anak didiknya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field recearch) Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah teknik analisis interaktif Miles and Huberman, yaitu teknik analisis penelitian yang didalamya meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
19SK1921368.00 | SK PAI 19.368 IKA p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain