SKRIPSI PAI
Korelasi Pendidikan Madrasah Diniyah Siswa Dengan Prestasi Belajar Rumpun PAI Kelas V MIN 02 Pemalang
Agustin, Nofi. 2018. “Korelasi Pendidikan Madrasah Diniyah Siswa dengan Prestasi Belajar Rumpun PAI kelas V MIN 02 Pemalang”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pembimbing: Dr. Hj. Sopiah, M. Ag
Kata Kunci: Pendidikan Madrasah Diniyah dan Prestasi Belajar
Madrasah Diniyah merupakan lembaga pendidikan yang fokus pada pendidikan Agama. Para siswa diajari mulai dari mengenal huruf arab, hukum-hukum Islam (syarit), ilmu tauhid, ilmu akhlak, belajar Al-Qur’an dengan tajwid, tarikh (sejarah), nahwu dan shorof. Selain sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan agama ternyata keberadaan madrasah diniyah juga mempunyai peran yang sangat signifikan dalam memperdalam pendidikan agama islam yang ada pada madrasah formal. Khususnya bagi para siswa yang mengenyam pendidikan madrasah formal umum. Prestasi Belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar mengajar, karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangakan prstasi merupakan hasil dari proses belajar. Prestasi belajar adalah Hasil dari suatu proses. Atas dasar pemikiran di atas, maka penulis tertarik untuk mengangkat judul “Korelasi Pendidikan Madrasah Diniyah Siswa dengan Prestasi Belajar Rumpun PAI Kelas V MIN 02 Pemalang”.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1)Bagaimana kegiatan pendidikan madrasah diniyah siswa kelas V MIN 02 Pemalang, (2) Bagaimana prestasi belajar rumpun PAI siswa kelas V MIN 02 Pemalang, (3) Apakah terdapat korelasi Pendidikan madrasah diniyah siswa dengan prestasi belajar rumpun PAI kelas V MIN 02 Pemalang. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kegiatan pendidikan madrasah diniyah siswa kelas V MIN 02 Pemalang, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar rumpun PAI siswa kelas V MIN 02 Pemalang, (3) Untuk mengetahui korelasi Pendidikan madrasah diniyah siswa dengan prestasi belajar rumpun PAI kelas V MIN 02 Pemalang.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun variabel independennya adalah Pendidikan Madrasah Diniyah Siswa, variabel dependennya adalah prestasi Belajar Rumpun PAI. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 57 siswa kelas V yang mengikuti kegiatan Pendidikan madrasah diniyah, dengan jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, dokumentasi kuesioner (angket). Analisis data dengan menggunakan rumus analisis korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian Pendidikan madrasah diniyah siswa kelas V MIN 02 Pemalang termasuk kategori baik, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata
viii
angket tentang Pendidikan madrasah diniyah siswa (variabel X) sebesar 73 barada di interval 72-73 yang termasuk dalam kategori baik Artinya bahwa pendidikan madrasah diniyah yang diikuti oleh siswa kelas V MIN 02 pemalang termasuk kegiatan yang baik. Begitu juga dengan Prestasi belajar rumpun PAI siswa Kelas V MIN 02 termasuk dalam kategori baik, hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai prestasi belajar rumpun PAI siswa kelas V MIN 02 Pemalang (variabel Y) sebesar 74 berada diinterval 71-85 yang termasuk dalam kategori baik, artinya bahwa nilai ulangan tengah semester dalam mata pelajaran rumpun PAI siswa kelas V MIN 02 Pemalang bila dilihat dari patokan nilai pada Daftar Kumpulan Nilai siswa (DKN) termasuk nilai yang baik. Hasil analisis korelasi Pendidikan madrasah diniyah dengan prestasi belajar rumpun PAI kelas V MIN 02 Pemalang menunjukan Ada korelasi yang cukup signifikan antara Pendidikan madrasah diniyah siswa dengan prestasi belajar rumpun PAI kelas V MIN 02 Pemalang, setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa rxy sebesar 0.492, dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0.410 – 0.700, sehingga dapat disimpulkan bahwa antar variabel yang dikorelasikan terdapat korelasi yang cukup atau sedang. Peneliti menguji hasil penelitian tersebut pada kesalahan 5% dan 1%. Pada tingkat kesalahan 5% rt sebesar 0.226 berarti rxy > rt, maka Ho ditolak, Ha diterima. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1% rt, sebesar 0.345, maka rxy > rt, maka Ho ditolak, Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa baik perhitungan pada tingkat kesalahan 5% dan 1% memiliki interpretasi sama, bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Pendidikan madarasah diniyah siswa dengan prestasi belajar rumpun PAI kelas V MIN 02 Pemalang. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima kebenarannya..
19SK1921365.00 | SK PAI 19.365 AGU k | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain