SKRIPSI PAI
Korelasi Keaktifan Siswa Dalam Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Sragi
Salamah,Umi Nadiyah. 2021114132. 2018. Korelasi Keaktifan Siswa Dalam Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Sragi. Skripsi Jurusan Tarbiyah/S1 PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pembimbing: Akhmad Afroni, M.Pd
Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Organisasi (OSIS), Prestasi Belajar
Organisasi merupakan sebuah sistem yang integral dimana terdapat beberapa individu berbeda yang terkait dan berhubungan dalam pembagian pekerjaan setiap individunya guna mencapai suatu tujuan bersama. Tujuan khususnya adalah untuk menunjang pendidikan peserta didik di dalam mengembangkan bakat, minat, kreativitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan beragama, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karier, kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana keaktifan siswa dalam organisasi (OSIS) di SMP Negeri 2 Sragi? 2) Bagaimana Prestasi belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diperoleh siswa yang mengikuti kegiatan OSIS di SMP Negeri 2 Sragi? 3) Bagaimana korelasi keaktifan siswa dalam berorganisasi terhadap Prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sragi?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui keaktifan siswa dalam berorgaisasi di SMP Negeri 2 Sragi. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sragi. 3) Untuk mengetahui korelasi keaktifan siswa dalam berorganisasi terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Sragi.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis melakukan observasi, dokumentasi dan penyebaran angket kepada 46responden. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment.
Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa, tingkat keaktifan siswa dalam berorgaisasi (OSIS) sebesar 77.26% termasuk pada kategori cukup baik. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sebesar 85.17% termasuk pada kategori baik. Terdapat korelasi atau hubungan yang positif antara keaktifan siswa dalam berorganisasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ditunjukkan dengan angka koefisien korelasi sebesar 0.448% termasuk dalam kategori baik.
19SK1921363.00 | SK PAI 19.363 SAL k | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain