SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Guru Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Kajen Pekalongan
Larasati, Devisiana. 2018. Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Guru Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Kajen, Pekalongan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Dosen Pembimbing Nanang Hasan Susanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam.
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah realita yang menyatakan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia pada saat ini rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena rendahnya kualitas guru yang melaksanakan pembelajaran. Untuk meningkatan kualitas guru salah satunya dapat dilaksanakan dengan pelaksanaan supervisi akademik yang efektif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) Bagaimana Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan? (2) Apa saja Faktor Penghambat dan Pendukung Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan. (2) Untuk mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (Field Research). Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif.
Hasil penelitiannya adalah supervisi akademik pada guru pendidikan agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik dan tindak lanjut supervisi akademik. Faktor pendukungnya adalah guru menanggapi positif tentang pelaksanaan supervisi, aktifnya guru dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), jumlah supervisor yang memadai, kemudahan mengakses informasi, dan kepala sekolah memahami pelaksanaan supervisi akademik yang efektif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya kegiatan yang tidak direncanakan diluar jadwal supervisi akademik dan timbulnya perasaan canggung supervisor ketika melaksanakan supervisi.
19SK1921362.00 | SK PAI 19.362 LAR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain