SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI Dalam Membina Hubungan Sosial Antar Peserta Didik Di MTs Azzaky Buaran Pekalongan
Sobah, Nur Aini. 2021114193. 2018. Peran Guru PAI dalam Membina Hubungan Sosial antar Peserta Didik di MTs Azzaky Buaran Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Pembimbing: Muchamad Fauyan, M.Pd.
Kata Kunci: Guru PAI dan Hubungan Sosial
Peserta didik adalah makhluk sosial yang memiliki kecenderungan alamiah untuk berhimpun dalam kelompok peserta didik yang lain juga, sehingga memerlukan cara bergaul atau berteman yang baik. Hubungan sosial yang dilakukan antar peserta didik di sekolah itu bisa memberikan dampak positif dan bisa juga dampak negatif. Dengan begitu, peran seorang guru termasuk guru PAI sangat diperlukan dalam membina hubungan sosial antar peserta didik tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru PAI dalam membina hubungan sosial antar peserta didik di MTs Azzaky Buaran Pekalongan?, (2) Bagaimana hasil peran guru PAI dalam membina hubungan sosial antar peserta didik di MTs Azzaky Buaran Pekalongan? dan (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru PAI dalam membina hubungan sosial antar peserta didik di MTs Azzaky Buaran Pekalongan?. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti bermaksud untuk mengetahui hubungan sosial antar peserta didik, peran guru PAI dalam membina hubungan sosial antar peserta didik, dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat guru PAI dalam membina hubungan sosial antar peserta didik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif dengan model analisis data interaktif menurut Miles dan Huberman. Analisis data tersebut dimulai sejak sebelum dan ketika peneliti bereda di lapangan melalui tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi simpulan.
Hasil penelitian ini adalah pertama, peran guru PAI dalam membina hubungan sosial antar peserta didik di MTs Azzaky, antara lain: peran sebagai pendidik, peran sebagai pengajar, peran sebagai pembimbing, peran sebagai inovator, peran sebagai emansipator, peran sebagai orang tua, peran sebagai teman, dan peran sebagai suri tauladan yang baik. Kedua, Hasil hubungan sosial antar peserta didik di MTs Azzaky secara keseluruhan tergolong baik dan lebih mendalam bahkan seperti hubungan keluarga, serta kelompok-kelompok yang terjalin di sekolah ataupun di pondok pesantren masih dikatakan wajar dan rasa solidaritas antar peserta didik terjalin dengan baik. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan sosial antar peserta didik di MTs Azzaky, antara lain: faktor imitasi, sugesti, identifikasi, simpati, sifat pembawaan, keluarga, ekonomi, dan lingkungan. Ketiga, faktor-faktor yang mendukung guru PAI dalam membina
viii
hubungan sosial antar peserta didik di MTs Azzaky, yakni: faktor lingkungan, faktor diri, tata tertib sekolah, kegiatan sekolah, penugasan kelompok dan faktor keturunan. Sedangkan faktor yang menghambat guru PAI dalam membina hubungan sosial antar peserta didik di MTs Azzaky meliputi: perbedaan karakter peserta didik, budaya atau kebiasaan dan guru yang tidak kompak.
19SK1921361.00 | SK PAI 19.361 SOB p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain