SKRIPSI PAI
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa DI SMP Negeri 03 Pekalongan
Awaliyah Fitriya, Farkhatun. 2018. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Pekalongan”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pembimbing: Dr. H. Salafudin, M.Si
Kata Kunci: Kompetensi PedagogikdanMotivasi Belajar
Guru merupakan faktor utama dan berpengaruh terhadap proses belajar siswa. Dalam pandangan siswa, guru memiliki otoritas, bukan saja otoritas dalam bidang akademis melainkan juga dalam bidang nonakademis. Pengalaman menunjukan bahwa masalah-masalah seperti motivasi, prestasi, dan hasrat belajar, yang terus menurus pada diri siswa akan bersumber dari kepribadian guru.Atas dasar pemikiran di atas, maka penulis tertarik untuk mengangkat judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP N 03 Pekalongan”.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1)Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMP N 03 Pekalongan, (2) Bagaimana motivasi belajar siswa di SMP N 03 Pekalongan, (3) Apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SMP N 03 Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI di SMP N 03 Pekalongan, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di SMP N 03 Pekalongan, (3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SMP N 03 Pekalongan.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun variabelin dependennya adalah Kompetensi Pedagogik Guru PAI, variable dependennya adalah Motivasi Belajar Siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket, observasi, dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumusan regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian Kompetensi Pedagogik Guru PAI di SMP N 03 Pekalongan dalam kategori baik. Begitu juga dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMP N 03 Pekalongan dalam kategori baik. Hasil analisi Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PAI di SMP N 03 Pekalongan antara Motivasi Belajar Siswa di SMP N 03 Pekalongan menunjukan ada pengaruh yang siginfikan antara Kompetensi Pedagogik terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP N 03 Pekalongan. Kemudian diperoleh ttes = 0,402. Selanjutnya pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel = 0,361, maka ttes = 0,402 > ttabel = 0,361, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dan pada taraf signifikan 1% nilai ttabel = 0,463 maka ttes = 0,402 < ttabel = 0,463 , sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Pedagogik Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP N 03 Pekalongan.
19SK1921353.00 | SK PAI 19.353 FIT p | My Library (1921353) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain