SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Pembiasaan Sholat Dhuha Berjama'ah Dan Tadarus Al Qur'an Untuk Membentuk Akhlak Terpuji Di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan
Ristikhadah, Eni. 2018. Penerapan Metode Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah dan Tadarus Alqur’an Untuk Membentuk Akhlak Terpuji Di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pekalongan. Agus Khumaedy, M. Ag.
Kata Kunci: Penerapan Metode Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Dan Tadarus Alqur’an, Membetuk Akhlak Terpuji.
Seorang pendidik yang baik harus bisa mengetahui dan mengusai tentang metode-metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan terutama untuk membentuk nilai-nilai akhlak terpuji kepada peserta didiknya. Seorang pendidik yang bijaksana, sudah barang tentu akan terus mencari metode alternatif yang lebih efektif dengan menerapakan dasar-dasar pendidikan yang berpengaruh dalam mempersiapkan anak secara mental dan moral, saintikal, spiritual dan etos sosial, sehingga anak dapat mencapai kematangan yang sempurna, memiliki wawasan yang luas dan berkepribadian integral.
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan metode pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus alqur’an. 2) Nilai-nilai akhlak terpuji yang terdapat pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus alqur’an 3) Penerapan metode pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus alqur’an dalam membentuk nilai-nilai akhlak terpuji, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan metode pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus alqur’an di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan serta bagaimana nilai-nilai akhlak terpuji yang terdapat dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus alqur’an di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan, dan bagaimana penerapan metode pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus alqur’an dalam membentuk nilai-nilai akhlak terpuji di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan.. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat digunakan untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan menambah wawasan tentang pendidikan agama Islam. Secara praktis penelitian ini bagi peneliti dapat digunakan untuk menambah pengalaman dalam melakukan penelitian tentang masalah yang terjadi, bagi sekolah dapat memberi masukan tentang permasalahan yang terjadi dan usaha dalam menyelesaikan masalah, bagi pihak lain penelitian ini dapat memberikan pengetahuan tentang penerapan metode pembiasaan shalat dhuha berjama’ah dan tadarus alqur’an dalam membentuk akhlak terpuji.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field Research), teknik pengumpulan datanya dengan melakukan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah 1. reduksi data.2. Penyajian data 3. Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitiannya Penerapan metode pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus alqur’an dalam membentuk akhlak terpuji di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat
xi
dari pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus alqur’an yang dilakukan secara kontiniu teratur dan terprogram terbukti dari jadwal yang dibuat oleh guru, serta ketegasan guru dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus alqur’an kepada siswa yang tidak mengikuti.
19SK1921347.00 | SK PAI 19.347 RIS p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain