SKRIPSI EKOS
Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan Tentang Perbankan Syariah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan Angkatan 2014-2016
Perkembangan bank syariah di Indonesia rata-rata mengalami
pertumbuhan setiap tahunnya. Bank syariah merupakan bank yang menerapkan
nilai-nilai Islam dalam menjalankan kegiatan ekonominya seperti, menjauhkan
diri dari unsur riba dalam setiap transaksinya serta memberikan pembiayaan untuk
hal yang halal. IAIN Pekalongan merupakan institut yang menerapkan ajaranajaran
Islam dalam kegiatan akademiknya. Kesesuaian nilai Islam yang dianut
Bank Syariah membuat IAIN Pekalongan mempercayakan kegiatan ekonominya
kepada Bank Syariah, salah satunya IAIN Pekalongan bekerjasama dengan BNI
Syariah yaitu membuat pembukaan rekening untuk penerimaan beasiswa bagi
mahasiswa. Namun masih banyak mahasiswa yang belum memanfaatkan jasa
perbankan syariah dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh tingkat religiusitas, pengetahuan tentang perbankan syariah dan
kualitas pelayanan mahasiswa terhadap minat menabung di Perbankan Syariah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang aktif di
FEBI angkatan 2014-2016 IAIN Pekalongan yang berjumlah 1979 mahasiswa.
Sampling yang digunakan adalah Probability sampling, dengan teknik Random
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa. Sumber datanya
berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner yang dinilai dengan skala likert 1-5. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) religiusitas berpengaruh terhadap
minat menabung dengan nilai signifikansi sebesar 0,020 < 0,05 dan nilai t hitung
2,367 > t tabel 1,985 maka Ha1 (2) pengetahuan tentang perbankan syariah
berpengaruh terhadap minat menabung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <
0,05 dan t hitung 5,141 > t tabel 1,985, maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima (3)
kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat menabung dengan nilai
signifikansi sebesar 0,003 > 0,05 dan nilai t hitung 3,028 > t tabel 1,985, maka
Ho3 ditolak dan Ha3 diterima (4) hasil uji F variabel religiusitas, pengetahuan
tentang perbankan syariah, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikansi 0,000
< 0,05 dan uji F hitung 34,712 > F tabel 2,70 (5) nilai adjusted R2 sebesar 50,5%,
yang berarti minat menabung mahasiswa IAIN Pekalongan Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam dapat dijelaskan oleh variabel religiusitas, pengetahuan tentang
perbankan syariah dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya 49,5% dapat
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Religiusitas, Pengetahuan tentang Perbankan Syariah, Kualitas
Pelayanan, Minat Menabung.
19SK1941049.00 | SK EKOS 19.049 SET p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain