SKRIPSI EKOS
Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kasus : Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Pekalongan)
Kata kunci: Label Halal, Religiusitas dan Keputusan Pembelian Produk
Kosmetik
Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Diantara kebutuhan
perempuan adalah kosmetik. Salah satu cara untuk memilih produk kosmetik
dengan melihat atribut produk yang salah satunya adalah label halal. Perilaku
konsumen dalam mengonsumsi produk yang berlabel halal sesungguhnya
tergantung bagaimana mereka memiliki pengetahuan dan keyakinan terkait apa itu
halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal dan
religiusitas terhadap keputusan pembelian produk kosmetik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang
digunakan sebanyak 136 responden. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner
yang diisi oleh Mahasiswi IAIN Pekalongan jurusan Ekonomi Syariah, Mahasiswi
Universitas Pekalongan jurusan manajemen dan Mahasiswi STIE Muhammadiyah
Pekalongan jurusan Ekonomi Islam tahun angkatan 2015/2016. Analisis data
menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis menyatakan bahwa secara parsial variabel label halal tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik
dengan hasil t hitung -0,067 < t tabel 1,978. Sedangkan variabel religiusitas
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik
dengan hasil t hitung 6,503 > t tabel 1,978. Secara simultan variabel label halal
dan variabel religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian produk kosmetik dengan hasil F hitung 23,75 > F tabel 3,06. Hasil
analisis koefisien determinasi 25,2% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan
oleh label halal dan religiusitas sedangkan sisanya 74,8% dijelaskan oleh variabel
independen lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
19SK1941046.00 | SK EKOS 19.046 KHU p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain