SKRIPSI EKOS
Implementasi Corporate Social Responsibility ( CSR ) Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di CV. Ariftex Batik dan Garmen Desa Jenggot, Pekalongan Selatan)
CSR adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap stakeholders. CSR
diimplementasikan tidak hanya sebagai voluntery ataupun philantropy melainkan
juga merupakan kewajiban bagi produsen muslim kepada Allah. CV. Ariftex
merupakan produsen muslim dalam industri batik di Kota Pekalongan. Suatu
industri tidak terlepas dari adanya pemanfaatan sumber daya dan masalah limbah.
Maka penelitian implemetasi CSR dalam perspektif etika bisnis Islam perlu
dilakukan untuk mengetahui latar belakang dan implementasi CSR, serta
implikasi dari implementasi CSR CV. Ariftex dan ditinjau dalam perspektif etika
bisnis Islam.
Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis
data dengan analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian, bahwa CV. Ariftex Batik dan Garmen telah
mengimplementasikan CSR untuk membangun dan menjaga kesinergian antara
perusahaan dengan stakeholders serta pencapaian berkah dan fallah.
Diimplementasikan dalam bidang sosial, namun belum maksimal pada bidang
lingkungan. Memberikan implikasi positif bagi perusahaan dan stakeholders
(karyawan, konsumen, masyarakat).
Kata kunci: CSR, Etika Bisnis Islam.
19SK1941043.00 | SK EKOS 19.043 SHO i | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain