TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Pemasaran Pembiayaan BNI Cash Collateral Financing (CCF) IB Hasanah Di BNI Syariah Cabang Pekalongan
Produk BNI Syariah sangat beragam, salah satunya ialah Pembiayaan BNI Cash Collateral Financing (CCF) iB Hasanah. Pembiayaan CCF iB Hasanah ialah pembiayaan yang jaminannya berupa tabungan atau deposito. Perkembangan produk tersebut sejak 5 tahun terakhir tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan, karena jumlah nasabahnya dari 3 orang menjadi 5 orang. Perkembangan suatu produk dapat dipengaruhi oleh strategi pemasaran, yang biasanya menggunakan marketing mix. Booms & Bitner dalam Tjiptono, mengembangkan model marketing mix untuk industri jasa dengan menambahkan 3P menjadi 9P. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Pembiayaan CCF iB Hasanah yang dilakukan BNI Syariah Cabang Pekalongan dan kendala yang dihadapinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber datanya menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, menggunakan uji triangulasi. Jenis analisis datanya berupa deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil penelitian lapangan secara mendalam.
Berdasarkan hasil penelitian, BNI Syariah dalam memasarkan Pembiayaan CCF iB Hasanah menggunakan marketing mix 9P yang meliputi unsur product, price, place, promotion, public relations, power, people, process dan physical evidence. Kendala yang dihadapinya ialah banyaknya pesaing, masyarakat lebih memilih membeli secara tunai daripada secara pembiayaan dengan jaminan tabungan atau deposito, dan masyarakat masih menganggap Bank Syariah dan Bank Konvensional itu sama.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, Pembiayaan CCF iB Hasanah, marketing mix.
19TA1942014.00 | TA D.3PBS 19.014 HID s | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain