SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Qiro'ati Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Di TPQ Raudhatul Qur'an Bligorejo Doro Pekalongan
Hesti Safitri, Eka. 2019. Implementasi Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Raudhatul Qur’an Bligorejo Doro Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dr. Hj. Chusna Maulida, M.Pd.I.
Kata kunci: Metode Qiro’ati, Pembelajaran Al-Qur’an
Pada zaman yang semakin maju ini, perkembangan pendidikan Al-Qur’an sudah semakin memprihatinkan, dimana sekarang ini banyak dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. TPQ Raudhatul Qur’an merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang terdapat pembelajaran Al-Qur’an. Bukan hanya belajar Al-Qur’an saja, akan tetapi juga diajarkan cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Salah satu ilmu yang mempelajari cara membaca Al-Qur’an adalah dengan metode qiro’ati. Belajar Al-Qur’an bukan hanya sebatas membaca saja, akan tetapi juga harus mengerti huruf, harakat, dan hukum bacaan tajwidnya.
Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Raudhatul Qur’an Bligorejo Doro Pekalongan? 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Raudhatul Qur’an Bligorejo Doro Pekalongan? Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui implementasi metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Raudhatul Qur’an Bligorejo Doro Pekalongan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat terlaksananya metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Raudhatul Qur’an Bligorejo Doro Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian secara teoritis diharapkan dapat menambah dan memperkaya khazanah keilmuan tentang metode qiro’ati dalam pembelajaran al-Qur’an di dunia pendidikan khususnya di TPQ, sedangkan secara praktis memberikan wawasan mengenai metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Raudhatul Qur’an Bligorejo Doro Pekalongan serta memberikan masukan yang efektif untuk peningkatan kualitas metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Raudhatul Qur’an Bligorejo Doro Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu ustadz-ustadzah dan santriwan-santriwati dan sumber data sekunder yaitu buku dokumen profil dan buku-buku literature yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini menjukan bahwa Implementasi metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an terdiri dari perencanaan metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an, pelaksanaan metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an dan evaluasi metode qiro’ati. Adapun faktor yang mendukung metode
viii
qiro’ati dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ Raudhatul Qur’an Bligorejo Doro Pekalongan yaitu adanya sarana dan prasarana, keuletan dan kesabaran ustadz-ustadzah dalam mengajar, adanya minat santri, serta dukungan orang tua. Sedangkan faktor yang menghambat metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an yaitu kurangnya kosentrasi santri dalam pembelajaran Al-Qur’an, membutuhkan waktu yang lama, dan pembelajaran berjalan kurang seragam dan teratur.
19SK1921341.00 | SK PAI 19.341 SAF i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain