SKRIPSI PAI
Pembentukan Karakter siswa Melalui Metode Pembiasaan Di SMP Negeri 11 Kota Pekalongan
Zughori, Ahmad Lutfi. 2019. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Metode Pembiasaan Di SMP Negeri 11 Kota Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Riskiana, M.Pd.
Kata kunci: Karakter Siswa dan Metode Pembiasaan.
Latar belakang penelitian ini terfokus pada pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan di SMP Negeri 11 kota Pekalongan. Dengan pembentukan karakter melalui pembiasaan ini diharapkan agar kedepannya para peserta didik mampu menghadapi perkembangan zaman yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, karena seseorang harus mempunyai karakter yang kuat agar tidak mudah terpengaruh dan terbawa untuk mengikuti hal-hal negatif yang ada disekitarnya. Dimana dalam proses pembentukan karakter SMP Negeri 11 Kota Pekalongan menggunakan metode pembiasaan yang kegiatannya mengandung berbagai nilai karakter positif.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakter siswa di SMP Negeri 11 kota Pekalongan? (2) Bagaimana pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan di SMP Negeri 11 kota Pekalongan? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan di SMP Negeri 11 kota Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan karakter siswa di SMP Negeri 11 kota Pekalongan. (2) Mendeskripsikan pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan di SMP Negeri 11 kota Pekalongan (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan di SMP Negeri 11 kota Pekalongan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun jenis analisis datanya adalah analisa deskriptif kualitatif. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, keadaan karakter siswa di SMP Negeri 11 kota Pekalongan secara umum sudah baik. Namun perlu disempurnakan karena masih ada yang belum baik seperti belum sopan ketika berbicara terhadap guru, belum merespon baik saat diperintah guru, belum bisa selalu siap saat diberi tugas dan saat bertemu dengan guru diluar jam pelajaran kadang masih ada yang tidak menyapa, bahkan ada yang cuek-cuek saja. Kedua, pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan dengan melakukan kegiatan menyambut kehadiran siswa, doa pagi, membaca asmaul khusna, tadarus, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengucapkan visi dan misi sekolah, serta sholat berjamaah, kemudian kegiatan PHBI, infak dan qurban dilakukan untuk membangun kebiasaan yang baik dan bermanfaat sehingga mencerminkan karakter yang positif. Ketiga, faktor yang mendukung dalam pembentukan
viii
karakter siswa melalui metode pembiasaan di SMP Negeri 11 kota Pekalongan adalah adanya kerjasama seluruh stakeholder sekolah dan sarana dan prasarana yang menunjang. Sedangkan untuk faktor yang menjadi penghambat diantaranya yaitu lingkungan pergaulan siswa diluar sekolah, kurangnya perhatian orang tua, serta Cuaca yang tidak mendukung ketika kegiatan.
19SK1921340.00 | SK PAI 19.340 ZUG p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain