SKRIPSI PAI
Pengaruh Penggunaan Game Education Terhadap Kreativitas Anak Pada Mapel PAI Di SD Alam Ma'had Islam Di Pekalongan
Nur Solechah, Astri. 2019. “Pengaruh Penggunaan Game Education Terhadap Kreativitas Anak Pada Mapel PAI di SD Alam Ma’had Islam di Pekalongan ”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pembimbing: Nalim M.Si
Kata Kunci: Penggunaan Game Education dan Kreativitas Anak dan Mapel PAI.
Perkembangan Teknologi Informasi di era modern ini semakin pesat di dalam kehidupan masyarakat salah satunya adalah Game Education.Saat ini media social sangat disukai oleh semua kalangan usia, salah satunya adalah usia remaja dimana pada usia dini mereka sangat ingin bebas dari pantauan orang tuanya. Adanya game education, Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1)Bagaimana gambaran game education pada mapel PAI di SD Alam Ma’had Islam Kota Pekalongan, (2)Bagaimana gambaran kreativitas anak pada mapel PAI di SD Alam Ma’had Islam Kota Pekalongan, (3)Apakah terdapat pengaruh penggunaan games education terhadap kreativitas anak pada mapel PAI di SD Alam Ma’had Islam Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu (1)Untuk mengetahui game education pada mapel PAI di SD Alam Ma’had Islam Kota Pekalongan, (2)Untuk mengetahui kreativitas anak pada mapel PAI di SD Alam Ma’had Islam Kota Pekalongan,(3)Untuk mengetahui Pengaruh penggunaan Games Education Terhadap Kreativitas Anak Pada Mapel PAI di SD Alam Ma’had Islam Kota Pekalongan. Kegunaan penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu secara teoritis dan praktis. Kegunaan secara teoritis yaitu penelitian ini berguna untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan baru kepada masyarakat luas khususnya orang-orang yang bergerak di dalam dunia pendidikan.
Sedangkan, kegunaan secara praktis yaitu Sebagai masukanbagi guru di SD Alam Ma’had Islam Kota Pekalongan tentang pengaruh penggunaan game education terhadap kreativitas belajar pada diri siswa dan Sebagai masukan siswa di SD AlamMa’had Islam kota pekalongan untuk senantiasa meningkatkan kreativitas anak di sekolah agar prestasi belajarnya meningkat.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (fieldresearch). Adapun variable independennya adalah Penggunaan Game Education ,variable dependennya adalah Kreativitas Anak. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 42 anak usia 8- 9 tahun, dengan teknik slovin dan jeniss ampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah. Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket, observasi, dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumusan alisis regresi linear sederhana
ix
Berdasarkan hasil penelitian ini, game education yang sering digunakan oleh anak di Sd Alam Ma’had Islam adalah game education berupa pohon dan kartu origami, karena dilihat dari hasil pesentasinya paling tinggi, yaitu 52,4%,
Penggunaan game education di Sd Alam Ma’had Islam di Pekalongan masuk dalam kategori cukup baik, hal ini terlihat dari deskriptif presentase hasil angket sebanyak 64,29%. Begitu juga dengan Kreativitas Anak di Sd Alam Ma’had Islam di Pekalongan yang tergolong kedalam kategori cukup kreatif, hal ini terlihat dari deskriptif presentase hasil angket sebanyak 67,47% Hasil analisis Pengaruh Penggunaan Game Education Terhadap Kreativitas Anak Pada Mapel PAI di SD Alam Ma’had Islam di Pekalongan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Penggunaan Game Education Terhadap Kreativitas Anak. Kemudian diperoleh ttes = 2,079. Selanjutnya pada tingkat signifikan 5% nilaittabel = 2,021, makattes = 2,079>ttabel = 2,021, sehingga Hoditolak dan Ha diterima.
19SK1921338.00 | SK PAI 19.338 SOL p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain