SKRIPSI PAI
Kompetensi Sosial Guru PAI Di SMP Negeri 02 Randudongkal Kabupaten Pemalang
Ayuningtyas, Hanum Maulida. 2018, Kompetensi Sosial Guru PAI di SMP Negeri 02 Randudongkal Kabupaten Pemalang. Skripsi Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI Institut Agama Islam Negeri 02 Randudongkal. Pembimbingan H. Agus Khumaedy, M.Ag.
Kata Kunci : Kompetensi Sosial, Guru PAI
Skripsi ini di latar belakangi oleh adanya tenaga pendidik di sekolah yang belum begitu memahami kompetensi sosial, sebagaimana yang telah ditentukan dalam undang-undang. Kompetensi sosial yaitu kemampuan guru dalam berkomunikasi dan bergaul secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama pendidik, orang tua atau wali peserta didik dan masyarakat sekitar. Guru tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu, dan wawasan yang luas terhadap dunia pendidikan dan ilmu teknologi, tetapi juga guru harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang hakikat manusia dan masyarakat, guru dituntut untuk memiliki sebuah kompetensi yang dapat menunjang tugas keprofesionalannya dalam mengajar, dalam hal ini kompetensi sosial mampu menunjang tugas keprofesional seorang guru.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana Kompetensi Sosial Guru PAI di SMP N 02 Randudongkal Kabupaten Pemalang? Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Guru PAI dalam melakukan Kompetensi Sosial?. Kemudian tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Kompetensi Sosial Guru PAI di SMP N 02 Randudongkal Kabupaten Pemalang, Untuk maengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Guru PAI dalam melakukan Kompetensi Sosial.Kegunaan dari penelitian ini adalah: Secara teoritis, dalam penelitia ini diharapkan dapat menjadi salah satu karya tulis ilmiah yang dapat menambah khazanah keilmuan dunia pendidikan. Secara praktis, Untuk menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan kompetensi sosial dan peningkatan kompetensi guru, khususnya kompetensi sosial guru PAI dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam di SMP N 02 Randudongkal Kabupaten Pemalangdalam melakukan kompetensi sosial.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan peneliti yaitu data primer dan data sekunder. Analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif non statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat memahami konsep dari kompetensi sosial dengan baik dan sesuai dengan isi dari Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Adapun kompetensi soial guru PAI di SMP Negeri 02 Randudongkal Kabupaten Pemalang yaitu: 1) selalu bersikap inklusif kepada peserta didik dan sesama pendidik, bertindak objektif dalam memberikan penilaian terahdap hasil belajar siswa sesuai dengan kemampuan individu,serta tidak diskriminatif, 2) dapat berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun
ix
dengan sesama pendidik, peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik dan masyarakat. 3) tidak mengalami kesulitan dalam beradaptasi di tempat tugas di seluruh wilayah Republik Indonesia, 4) Guru dapat berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain baik secara lisan maupun tulisan. Adapun faktor pendukung kompetensi sosial guru PAI yaitu SDM yang memadai karena sebagian besar guru di SMP Negeri 02 Randudongkal suka membaca buku maupun artikel sehingga guru memiliki pengetahuan yang cukup luas. Faktor pendukung lainnya yaitu guru, dimana semua guru PAI diambilkan dari lulusan sarjana pendidikan islam agar dalam penyampaian materi lebih jelas, lugas dan detail. Sedangkan faktor penghambat kompetensi sosila guru PAI di SMP Negeri 02 Randudongkal yaitu faktor sarana dan prasarana yaitu terbatasnya buku pengayaan sehingga menyulitkan guru yang akan memperluas bacaannya, faktor pengambat lainnya yaitu faktor ekonomi dimana penghasilan guru yang masih kurang menyebabkan guru mencari penghasilan di luar sekolah.
19SK1921337.00 | SK PAI 19.337 AYU k | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain