SKRIPSI PAI
Optimalisasi Pembinaan Siswa Dalam Pembelajaran Al Qur'an Di SMP Wahid Hasyim Pekalongan
Khabibah, Nur. 2018. Optimalisasi Pembinaan Alquran di SMP Wahid Hasyim Pekalongan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Abdul Basith. M. Pd.
Kata Kunci: pembinaan dan Alquran
Pembinaan sangat penting dalam proses pendidikan. pembinaan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan apa yang sudah ada kepada yang lebih baik (sempurna) baik dengan melalui pemeliharaan dan bimbingan terhadap apa yang sudah ada (yang sudah dimiliki). Serta juga dengan mendapatkan hal yang belum dimilikinya yaitu pengetahuan dan kecakapan yang baru. Di SMP Wahid Hasyim Pekalongan meningkatkan pembelajaran agama dengan mengoptimalkan pembinaan Alquran untuk membimbing sikap siswa ke hal-hal yang positif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Peneliti ingin meneliti tentang pendekatan baru yang ada di SMP Wahid Hasyim yaitu dengan pendekatan Alquran, dengan pendekatan tersebut memiliki tujuan agar pembelajaran yang dilaksanakan tidak hanya mencakup secara umum. Akan tetapi, pembelajaran yang dilaksanakan di SMP tersebut juga berbau religi, yaitu menerapkan sikap-sikap yang positif untuk lingkungan, terutama untuk peserta didik SMP Wahid Hasyim dengan cara mengoptimalkan pembinaan Alquran. Hal ini dikaitkan dengan adanya program BTQ dan ekstrakurikuler yang ada di SMP Wahid Hasyim Pekalongan.
Penelitian ini mencakup rumusan masalah : pertama, Bagaimana optimalisasi pembinaan Alquran di SMP Wahid Hasyim Pekalongan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat optimalisasi pembinaan Alquran di SMP Wahid Hasyim Pekalongan. Tujuan penelitian ini : pertama, Untuk mendiskripsikan tentang optimalisasi pembinaan Alquran di SMP Wahid Hasyim Pekalongan. Kedua, Untuk mengetahui dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat optimalisasi pembinaan Alquran di SMP Wahid Hasyim Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: pertama, optimalisasi pembinaan Alquran di SMP Wahid Hasyim Pekalongan dilakukan melalui kegiatan BTQ, Tilawah, dan Tahfidz. Optimalisasi ini sudah berjalan dengan baik, dibuktikan dengan adanya beberapa prestasi, seperti: juara 2 Tilawah Putri Tingkat Kota Pekalongan, juara 2 Tartil Putra Tingkat Kota Pekalongan dan lain sebagainya. Kedua, faktor yang mendukung optimalisasi pembinaan Alquran di SMP Wahid Hasyim Pekalongan antara lain : adanya guru yang kompeten atau ahli dalam bidang Alquran, Peserta Didik tertarik dan menikmati pembelajaran yang di kelola
viii
guru, guru mengelola pembelajaran Alquran dengan variatif. Adapun faktor yang menghambat optimalisasi pembinaan Alquran di SMP Wahid Hasyim Pekalongan antara lain : kedisiplinan siswa yang sebagian anak mempunyai kedisiplinan yang kurang baik, dukungan atau motivasi keluarga kurang sehingga mengefek ke kedisiplinan siswa, faktor pergaulan lingkungan keluarga siswa yang mengakibatkan dampak kurang baik untuk anak.
19SK1921335.00 | SK PAI 19.335 KHA o | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain