SKRIPSI PAI
Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur'an Hadits Siswa Kelas XI Agama Di MAN 1 Kota Pekalongan
Kholifah, Nur. 2021114135. 2018. Pengaruh Penerapan Metode Drill terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas XI Agama di MAN 1 Kota Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah/S1 PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pembimbing: Hj. Nur Khasanah, M.Ag.
Kata kunci: Metode Drill, Prestasi Belajar, dan Al-Qur’an Hadits
Dalam proses pembelajaran seorang pendidik dituntut untuk lebih aktif dan kreatif. Selain itu, dalam proses belajar mengajar dapat dikatakan baik bila guru menguasai bahan ajar dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Metode Drill merupakan salah satu metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, metode drill sering disebut juga dengan latihan. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas XI Agama MAN 1 Kota Pekalongan melibatkan siswa untuk hafalan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi. Siswa yang aktif dan terus berlatih diharapkan mendapat prestasi belajar yang baik. Penerapan metode yang sesuai dapat berpengaruh pada prestasi belajar yang didapatkan oleh siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode drill di MAN 1 Kota Pekalongan? 2) Bagaimana prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI Agama MAN 1 Kota Pekalongan? dan 3) Bagaimana pengaruh penerapan metode drill terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI Agama di MAN 1 Kota Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode drill di MAN 1 Kota Pekalongan. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI Agama MAN 1 Kota Pekalongan. dan 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh antara penerapan metode drill terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Agama khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menghasilkan analisis yang menggunakan analisis statistik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penyebaran angket dan metode dokumentasi. Responden yang dipilih yaitu sebanyak 48 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penerapan metode drill sebesar 69,25 termasuk pada kategori cukup baik, berada pada garis interval 69-73. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sebesar 81,8125 termasuk pada kategori baik, berada pada garis interval 81-90. Selain itu, terdapat atau adanya pengaruh antara penerapan metode drill terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits yaitu sebesar 20,3%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan metode drill terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI Agama di MAN 1 Kota Pekalongan sebesar 20,3%. Sedangkan sisanya 79,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
19SK1921334.00 | SK PAI 19.334 KHO p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain