SKRIPSI PAI
Motivasi Belajar Mahasiswa Reguler Sore Angkatan 2014 Dalam Menempuh Pendidikan S1 Di IAIN Pekalongan
Khamidah. Nur. 2018. Motivasi Belajar Mahasiswa Reguler Sore Angkatan 2014 dalam Menempuh Pendidikan S1 di IAIN Pekalongan. Jurusan/Fakultas: PAI/Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. H. Muhlisin, M.Ag
Kata Kunci: Motivasi Belajar, mahasiswa dan bekerja.
Motivasi Mahasiswa Reguler Sore dalam Menempuh Pendidikan S1. Motivasi mahasiswa reguler sore dalam menempuh kuliah tentu bermacam-macam. Namun, tidak dipungkiri aktivitas mahasiswa reguler sore yang mayoritas sudah bekerja ini membuat mereka terkadang kesulitan membagi waktu antara waktu kuliah dan bekerja. Pada dasarnya setiap mahasiswa mengharapkan semua permasalahan yang ada dapat terselesaikan dengan baik.
Motivasi belajar mahasiswa, mereka dibesarkan oleh realitas yang tidak bisa mereka hindari, seperti : menjadi mahasiswa calon sarjana yang siap pakai dan diharapkan oleh masyarakat, desakan kebutuhan ekonomi keluarga dan keinginan untuk menjadi lebih baik, keinginan untuk mandiri, serta persaingan dalam dunia kerja yang semakin ketat membuat sebagian Mahasiswa memilih untuk kuliah sambil bekerja serta mengambil waktu kuliah di Sore hari. Apabila Mahasiswa menjalani profesi sebagai Mahasiswa serta bekerja, mereka akan dituntut lebih bertanggungjawab terhadap tugas-tugas perkuliahan dan juga terhadap pekerjaan mereka.
Rumusan Masalah penelitian ini, bagaimana motivasi belajar mahasiswa reguler sore dalam menempuh pendidikan S1 di IAIN Pekalongan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar mereka dalam menempuh pendidikan S1 di IAIN Pekalongan. Tujuan penelitian ini sebagai upaya mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa reguler sore dalam menempuh pendidikan S1 serta faktor-faktor yang mempengaruhi motivasinya dalam belajar. Manfaat secara teoritis digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk memperluas wawasan serta pengetahuan yang mendalam agar dapat memperbaiki pembelajaran kearah yang lebih baik lagi dan dapat dijadikan bahan masukan serta evaluasi bagi mahasiswa dalam menempuh pendidikan S1.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data induktif, yang merupakan suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh bersifat khusus, selanjutnya dikembangkan pada pola hubungan tertentu yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang diteliti mempunyai jawaban yang berbeda-beda antara mahasiswa yang satu dengan yang lain. Jawaban bekerja untuk memenuhi kebutuhan biaya kuliah dan hidup, mengenai manajemen waktu mereka memiliki pengaturan waktu tersendiri, antara kuliah dan bekerja. Bila pekerjaan tersebut dirasa mengganggu aktivitas kuliah maka mereka lebih memilih untuk meninggalkan pekerjaan mereka, agar lebih fokus pada kuliah karena kuliah itu prioritas yang lebih utama.
19SK1921330.00 | SK PAI 19.330 KHA m | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain