SKRIPSI PAI
Korelasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VII SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2018/2019
Rahmawati, Rizka. 2018. Korelasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, Pembimbing Akhmad Afroni, M.Pd.
Kata Kunci: model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) , prestasi belajar siswa.
Model pembelajaran adalah salah satu fakor yang berhubungan denganprestasi belajar siswa, untuk itu seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) harus menggunakan model pembelajaran dengan baik yang sesuai dengan materi terutama pada waktu pembelajaran agar tujuan pendidikan tercapai dan prestasi belajar siswa meningkat. Dengan demikian siswa lebih memperhatikan dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang sudah umum digunakan yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Adakah korelasi antara model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP N 2 kelas VII Sragi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019? 2) Berapa besar korelasi proses pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran PAI kelas VII SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019?.Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada korelasi antara model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan kelas VII tahun ajaran 2018/2019? 2) Untuk mengetahui berapa besar korelasi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran PAI kelas VII SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019?.
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Prestasi belajar siswa sebagai variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan prestasi belajar PAI siswa di SMP N 2 Sragi Kabupaten Pekalongan kelas VII tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling, dalam penelitian ini diambil sampel 15% dari jumlah populasi sehingga yang menjadi sampel adalah 35 siswa. Sampel ini diambil dari siswa kelas VII yang berjumlah 8 kelas. Jadi setiap kelas diambil 4 sampai 5 anak. Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik korelasi product momentdengan variabel independen model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan variabel dependen yaitu prestasi belajar siswa.
19SK1921327.00 | SK PAI 19.327 RAH k | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain