SKRIPSI PAI
Pengaruh Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas XI Di MA Salafiyah Syafi'iyah Proto Kedungwuni Pekalongan
Maelah. 2018. “Pengaruh Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas XI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan”.Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. Hj. Sopiah, M.Ag.
Kata kunci : Reward and punishment dan motivasi belajar.
Dalam dunia pendidikan reward and punishment adalah sesuatu yang penting, apabila reward and punishment tersebut mampu memberikan motivasi belajar siswa. Reward and punishment dijadikan salah satu cara untuk memberikan dorongan (motivasi) agar mau berbuat baik. Meskipun adanya reward and punishment ini hanya untuk memotivasi siswa saja, namun jika diterapkan secara efektif, akan membuahkan hasil yang baik.
Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:(1) Bagaimana reward and punishment dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan, (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan, (3) Bagaimana pengaruh reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan reward and punishment dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan, (2)Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan, (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Adapun kegunaan secara praktis yaitu, sebagai informasi dan masukan bagi guru-guru di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Adapun variabel dalam penelitian ini, terdiri dari dua variabel, yaitu variabel X (reward and punishment) dan variabel Y (motivasi belajar). Adapun populasinya adalah siswa kelas XI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Jumlah sampel penelitian ini adalah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus korelasi regresi linier sedehana.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat diketahui bahwa reward and punishment termasuk kategori baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata hasil angket tentang reward and punishment siswa kelas XI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan sebesar 45 berada di interval distribusi frekuensi 43 – 45. Motivasi belajar termasuk kategori cukup baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata hasil angket tentang motivasi belajar
viii
siswa kelas XI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan sebesar 43,61 berada di interval disribusi frekuensi 40 – 44. Dan adapengaruh antara reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI kelas XI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Hal ini di buktikan darit tabel pada taraf signifikan 1% diperoleh 2,728. Sehingga thitung 12,856 > t tabel 2,728. Sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% ialah 2,032. Sehingga thitung 12,856 > t tabel 2,032. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 1% dan 5 % terdapat pengaruh yang signifikan antara Reward and Punishment (X) dengan Motivasi Belajar (Y). Adapun besar pengaruh reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa sebesar 82,9%, sedangan 17,1% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain seperti teman sebaya, lingkungan, keluarga, dan lainnya.
19SK1921326.00 | SK PAI 19.326 MAE p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain