SKRIPSI PAI
Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budi Pekerti SMP Negeri 1 Tirto Kabupaten Pekalongan
Khasanah, Khuswatun. 2021114177. 2018. Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Negeri 1 Tirto Kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Siti Mumun Muniroh, S. Psi, M.A
Kata kunci: Persepsi Siswa, Kompetensi Profesional, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI).
Persepsi merupakan tindakan menyusun, mengenali dan menafsirkan informasi sensoris guna memberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan. Persepsi ini meliputi semua sinyal dalam sistem saraf yang merupakan hasil dari stimulasi fisik atau kimia dari organ pengindra. Persepsi bukanlah penerimaan syaraf secara pasif, tetapi dibentuk oleh pembelajaran, ingatan, harapan dan perhatian. Dari uraian diatas dapat diartikan bahwa persepsi itu sendiri adalah tanggapan yang diberikan oleh siswa tentang suatu hal yang siswa dapatkan. Persepsi siswa yang dibahas dalam skripsi ini yaitu tentang persepsi siswa terhadap kompetensi profesional, yang artinya penguasaan materi secara luas dan mendalam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1).Bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dan Budi Pekerti SMP Negeri 1 Tirto Kabupaten Pekalongan? 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SMP Negeri 1 Tirto, Pekalongan? Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SMP Negeri 1 Tirto Kabupaten Pekalongan. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SMP Negeri 1 Tirto, Pekalongan
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan analisis tanpa menggunakan statistik maupun kualifikasi lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi. Sumber data yang di gunakan berwujud data primer dan sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memberikan dua tanggapan yang berbeda terhadap kompetensi profesional guru PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Tirto, dimana sebagian besar siswa memberikan tanggapan yang positif karena siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru dan siswapun menyukai pembelajaran PAI yang diberikan karena menggunakan metode dan media yang mereka sukai, dengan pembelajaran yang menyenangkan tersebut siswa dapat belajar dengan antusias dan penuh semangat. Namun ada sebagian kecil dari siswa yang memberikan tanggapan negatif terhadap kompetensi profesional guru PAI dan Budi Pekerti, yaitu mereka yang kurang motivasi dalam mengikuti pelajaran agama dan yang menganggap bahwa pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang dapat dipahami sehingga mereka merasa bosan.
19SK1921322.00 | SK PAI 19.322 KHA | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain