SKRIPSI PAI
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa Di SMP Muhammadiyah Wiradesa Pekalongan
Amalia Solecha. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Akhlak Siswa di SMP Muhammadiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Siti Mumun Muniroh, S.Psi.M.A Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Akhlak Siswa
Mengajari anak-anak keterampilan emosi dan sosial akan lebih mampu mengatasi berbagai masalah yang timbul selama proses perkembangannya menuju manusia dewasa. Tidak hanya itu, dengan keterampilan emosi dan sosialnya anak pun akan lebih mampu mengatasi tantangan-tantangan emosional dalam kehidupan modern. Permasalahan yang banyak terjadi di SMP Muhammadiyah Wiradesa adalah permasalahan yang berhubungan dengan setting/ background keluarga siswa, yang sangat mempengaruhi tingkah laku atau akhlak mereka di sekolah.Antara siswa satu dengan yang lainnya sering sekali saling mengejek dari ejekan itulah anak sering berbicara kotor dan sulit mengendalikan emosinya. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini diantaranya bagaimana kecerdasan emosional siswa di SMP Muhammadiyah Wiradesa, bagaimana akhlak siswa di SMP Muhammadiyah Wiradesa, dan adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa di SMP Muhammadiyah Wiradesa. Kegunaan penelitian ini diantaranya dapat dijadikan bahan evaluasi dalam usaha mengembangkan sekolah agar menjadi lembaga pendidikan yang mampu mengubah akhlak peserta didik lebih baik lagi, dapat dijadikan bahan evaluasi dalam membentuk kepribadian guru menjadi lebih baik lagi, dapat membentuk akhlak peserta didik sesuai dengan norma dan ajaran agama Islam. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan).Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik dengan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional mempunyai rata-rata 62 terletak pada interval 58-64 yang termasuk kategori cukup, dan akhlak siswa rata-rata 65 terletak pada interval 63-69 yang termasuk kategori baik. Perhitungan statistic dengan menggunakan rumus regresi liniar sederhana yaitu = 37,99 + 0,431X. Kemudian diperoleh ttest = 0,0278 pada tingkat signifikan 1% nilai ttable =2,724, maka ttest= 0,0278< ttable = 2,724, maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya variabel independen (X) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (Y).Pada tingkat signifikan 5% nilai ttable = 2,030, maka ttest = 0,0278 < ttable = 2,030, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, artinya variabel independen (X) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (Y). Jadi, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa di SMP Muhammadiyah Wiradesa ditolak. Hal ini mengindikasikan
viii
bahwa tidak ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa di SMP Muhammadiyah Wiradesa.
19SK1921318.00 | SK PAI 19.318 SOL p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain