TESIS PAI
Implementasi Strategi Pembelajaran PAI Berbasis ICT (Information And Communication Technology) di SMA Islam Plus Al Bayan Pekalongan
Strategi pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan oleh guru guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, khususnya pada pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam). Pembelajaran yang cenderung konvensional akan membuat siswa merasa bosan dan tidak bersemangat dalam belajar. Dengan demikian, salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh guru PAI adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis ICT, yang mana mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi pembelajarannya memanfaatkan ICT.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMA Islam Plus Al Bayan Pekalongan? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMA Islam Plus Al Bayan Pekalongan? 3) Bagaimana evaluasi dalam pembelajaran PAI berbasis ICT di SMA Islam Plus Al Bayan Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis perencanaan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMA Islam Plus Al Bayan Pekalongan. 2) Untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMA Islam Plus Al Bayan Pekalongan. 3) Untuk menganalisis evaluasi dalam pembelajaran PAI berbasis ICT di SMA Islam Plus Al Bayan Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah: Memberikan masukan bagi dunia pendidikan agar bisa memberikan dukungan dalam penerapan strategi pembelajaran PAI berbasis ICT, dan menjadi referensi dalam penelitian sejenis.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui: interview, observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data adalah dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Dalam merencanaan pembelajaran PAI berbasis ICT, guru melakukan berbagai persiapan, seperti membuat silabus dan RPP, serta menentukan dan merancang metode dan media pembelajaran berbasis ICT. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI, guru menggunakan pendekatan saintifik dengan model discovery learning, serta menerapkan strategi pembelajaran interaktif berbasis ICT dan kooperatif berbasis ICT. Adapun metode pembelajaran berbasis ICT yang digunakan adalah metode pembelajaran model pokemon go dan video presentasi. 3) Dalam evaluasi pembelajaran berbasis ICT, yang digunakan adalah kuis pembelajaran menggunakan web quizizz untuk pre dan post tes, model go and run untuk penilaian harian, dan untuk UTS, UAS maupun UKK menggunakan tes tertulis dengan memanfaatkan aplikasi zipgrade.
19TS1952032.00 | TS Pps.PAI 19.032 AIN i | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain