TESIS PAI
Internalisasi Soft Skills dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Batang
Internalisasi soft skills sebagai proses menanamkan keterampilan atau keahlian perilaku diri-sendiri (intrapersonal skills) dan kepada orang lain (intrapersonal skills). Pelaksanaan internalisasi soft skills penting guna mengantarkan peserta didik berprestasi dan berakhlak mulia. Namun keseriusan guru mengenai internalisasi soft skills dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 batang perlu diperbaiki. Hal ini terbukti dengan masih adanya guru menerapkan internalisasi soft skills dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 batang cenderung sedikit variasi.
Rumusan masalah penelitian ini ada tiga, yakni; (1) bagaimana perencanaan internalisasi soft skills dalam pembelajaran PAI di SMAN1 Batang?, (2) bagaimana pelaksanaan internalisasi soft skills dalam pembelajaran PAI di SMAN1 Batang?, dan (3) bagaimana evaluasi internalisasi soft skills dalam pembelajaran PAI di SMAN1 Batang?, (4) bagaimana implikasi internalisasi soft skills dalam pembelajaran PAI di SMAN1 Batang?. Tujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan implikasi internalisasisoft skills dalam pembelajaran PAI. Kegunaan secara teoritis, untuk memberikan sumbangan pemikiran tentang internalisasi soft skills dalam PAI secara praktis, sebagai tambahan informasi bagi peneliti dan para guru.
Metodologi penelitian ini kualitatif dan jenis penelitiannya lapangan (field rearch). Sumber data primer penelitian ini; guru PAI, wakil kepala bidang kesiswaan, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang humas, kepala sekolah dan beberapa siswa SMAN1 Batang. Sedangkan sumber data sekunder; buku relevan yang mendukung penelitian, jurnal penelitian, tesis penelitian terdahulu, dan artikel yang berkaitan dengan judul. Teknik pengumpulan data; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis data menggunakan analisa deskriptif model Miles dan Huberman. Penulis melakukan tiga tahapan, yakni; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian internalisasi nilai soft skills dalam pembelajaran PAI, yakni; (1) Perencanaan internalisasi soft skills dalam pembelajaran PAI kepada peserta didik terdapat tiga tahapan, yakni; lectural role model, messege of the week, dan hidden curriculum. (2) Pelaksanaan internalisasi soft skills terbagi menjadi intrapersonal skills dan interpersonal skills. Untuk intrapersonal skills menjadi beberapa bagian, diantaranya; transforming character, transforming beliefs, time management, creative thinking processes, goal setting and life purpose, accelerated learning technique, sedangkan untuk interpersonal skills menjadi beberapa bagian, diantaranya; comunication skills, relationship building, motivation skills, leadership skills, presentation skills, dan public speaking skills. (3) evaluasi internalisasi soft skills dalam pembelajaran PAI kepada peserta didik terdapat tiga tahapan, yakni; lectural role model, messege of the week, dan hidden curriculum. (4) Implikasi dari gabungan dari intrapersonal dan interpersonal sebagai internalisasi nilai soft skills dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN1 Batang telah berlajan cukup baik. Terdapat lima macam implikasi gabungan, antara lain; kejujuran, kemampuan bekerja sama, kemampuan beradaptasi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan memecah masalah.
19TS1952025.00 | TS Pps.PAI 19.025 ZUL i | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain