TESIS PAI
Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren al Manaar Pemalang
Penelitian ini berangkat dari fenomena degradasi moral yang dewasa ini melanda anak-anak dan remaja yang mayoritas masih berstatus pelajar. Kemerosotan moral ini adalah tanggungjawab bersama seluruh komponen bangsa. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Al Manaar Pemalang merasa berkewajiban untuk berperan aktif dalam memberikan tawaran solusi, dalam bentuk implementasi pendidikan karakter yang menjadi tema penelitian penulis.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perencanaan pelaksanaan pendidikan karakter, (3) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al Manaar Pemalang.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data ditempuh melalui proses reduksi data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan Pondok Pesantren Al Manaar Pemalang meliputi: a). Perencanaan pendidikan karakter dengan mengacu pada visi, misi, tujuan, dan sasaran pondok pesantren, b). melibatkan seluruh elemen pondok pesantren, (2) Pelaksanaannya meliputi: a). Pelaksanaan dalam kegiatan proses pembelajaran, melalui integrasi nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran, b). Pelaksanaan dalam kegiatan pembiasaan/budaya pesantren, yang diintegrasikan dalam peraturan/tata tertib pondok pesantren, c). Pelaksanaan dalam kegiatan ekstrakurikuler yang sarat dengan nilai-nilai karakter mulia.
Keberhasilan implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al Manaar Pemalang ini dapat dilihat dari ketercapain indikator yang ada di lapangan, yaitu Sembilan nilai karakter, religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, dan hormat/menghargai. (3) Faktor Pendukung Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Al Manaar Pemalang meliputi: banyaknya peminat, gedung yang representatif, asrama, dan prestasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah: Ketidakdisiplinan Ustadz/Ustadzah, kekurangan guru BK, tugas ganda, jadwal, kebersihan dan kenyamanan.
19TS1952015.00 | TS Pps.PAI 19.015 ALF i | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain