TESIS PAI
Aktualisasi Sistem Nilai Budaya Organisasi dalam Pengembangan Kurikulum di MTs Gondang Wonopringgo
Penelitian ini dilatarbelakangi atas keunikan pola manajemen sentralistik yang dijalankan di MTs Gondang sehingga membentuk sistem nilai dalam budaya organisasi madrasah. Penulis tertarik mengkaji aktualisasi sistem nilai budaya organisasi terhadap pengembangan kurikulum yang dijalankan, mengingat prestasi dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap MTs Gondang yang relatif stabil pada setiap tahun pelajaran.
Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu Bagaimana sistem nilai yang terbentuk dalam budaya organisasi madrasah di MTs Gondang ? dan Bagaimana aktualisasi sistem nilai budaya organisasi madrasah dalam pengembangan kurikulum di MTs Gondang?
Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara itu snowball sampling serta purpossive sampling digunakan sebagai teknik penentuan subjek. Penulis menggunakan depth interview, observasi partisipatif, dan penelitian dokumen sebagai teknik pengumpulan data, untuk kemudian dilakukan triangulasi sebagai langkah cross-chek keabsahan data. Metode analisis data menggunakan deskriptif-analisis
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa falsafah pendiri MTs dan yayasan Gondang yang tersusun dalam pola manajemen sentralistik sebagai sistem penjaminan mutu oleh yayasan tersebut kemudian membentuk sistem nilai budaya MTs Gondang. Sistem nilai tersebut kemudian diaktualisasikan ke dalam tiga jenis kurikulum, yaitu kurikulum intrakurikuler, co-kurikuler, dan hidden curriculum. Kegiatan dan program madrasah tersebut dielaborasi dalam komponen pengembangan diri dan komponen muatan teritorial yayasan.
19TS1952011.00 | TS Pps.PAI 19.011 OCT a | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain