TESIS PAI
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Warga Belajar Paket C di PKBM Al-Hikmah dan PKBM Cahaya Ilmu
Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena peserta didik yang masuk ke SMP 13 Kota Tegal berasal dari latar belakang yang berbeda yaitu Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini untuk menjawab permasalahan: “Adakah perbedaan hasil belajar kognisi Pendidikan Agama Islam dan perbedaan perilaku sosial keagamaan antara siswa yang berasal dari Sekolah Dasar dengan siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah di SMP 13 Kota Tegal ?, Adakah hubungan yang signifikan antara hasil belajar kognisi Pendidikan Agama Islam dengan perilaku sosial keagamaan siswa di SMP 13 Kota Tegal ?” Sedangkan tujuan penelitianya adalah untuk menganalisa ada tidaknya perbedaan hasil belajar kognisi Pendidikan Agama Islam dan perbedaan perilaku sosial keagamaan siswa yang berasal dari Sekolah Dasar dengan siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah di SMP 13 Kota Tegal serta untuk menganalisa ada tidaknya hubungan yang signifikan antara hasil belajar kognisi Pendidikan Agama Islam dengan perilaku sosial keagamaan siswa di SMP 13 Kota Tegal. Penelitian ini berguna untuk pengembangan khazanah keilmuan dan sebagai tambahan bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam oleh lembaga atau pejabat terkait.
Metode penelitian, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Fiel Research) dengan pendekatan diskriptip kuantitatif. Populasi sebanyak 676 siswa dengan sampel sebanyak 193 responden. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dokumentasi, pengamatan dan wawancara, sedangkan teknik analisisnya persentase, komparasional bivariat dan korelasional.
Hasil penelitian: 1) Rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada aspek kognitif siswa yang berasal dari Sekolah Dasar sebesar 75,78 sedangkan yang dari Madrasah Ibtidaiyah sebesar 76,6 .Hasil uji “t” menunjukan bahwa t hitung (tₒ = 1,312) lebih kecil dari pada t tabel (taraf sugnifikansi 5% dan signifikansi 1 %). 2) Rata-rata perolehan skor angket perilaku sosial keagamaan siswa yang berasal dari Sekolah Dasar sebesar 100,31 sedangkan yang dari Madrasah Ibtidaiyah sebesar 104,9. Hasil uji “t” menunjukan t hitung (tₒ = 2,748 ) lebih besar dari pada t tabel (taraf sugnifikansi 5% dan 1 %). 3) Hubungan hasil belajar kognisi Pendidikan Agama dengan perilaku sosial keagamaan siswa di SMP 13 Kota Tegal berdasarkan hasil uji “r” menunjukan bahwa nilai “r xy” sebesar 0,559 lebih besar dari nilai r tabel (pada taraf taraf 5% dan 1%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan yang tidak signifikan hasil belajar kognisi Pendidikan Agama Islam siswa asal Sekolah Dasar dengan siswa asal Madrasah Ibtidaiyah di SMP 13 Kota Tegal, 2) Terdapat perbedaan yang signifikan perilaku sosial keagamaan siswa asal Sekolah Dasar dengan siswa asal Madrasah Ibtidaiyah di SMP 13 Kota Tegal , 3) Terdapat hubungan signifikan yang positif antara hasil belajar kognisi Pendidikan Agama Islam dengan perilaku sosial keagamaan siswa di SMP 13 Kota Tegal.
19TS1952001.00 | TS Pps.PAI 19.001 NIS p | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain