SKRIPSI PAI
Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs NU Al Sya'iriyah Limpung (Studi Pada Kelas VIII Tahun Ajaran 2017-2018)
Angistiya pinakesti. 2019. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MTs NU Al-Sya’iriyah Limpung (Studi Pada Kelas VIII Tahun Ajaran 2017-2018)” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Pembimbing : Dr. H. Salafudin, M.Si.
Kata Kunci : Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar siswa di MTs NU Al-Sya’iriyah Limpung. Namun dalam hal prestasi belajar, siswa dengan latar belakang pendidikan orang tua yang berpendidikan rendah lebih mendominasi dari pada siswa dengan latar belakang pendidikan orang tua yang berpendidikan tinggi.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah gambaran tingkat pendidikan orang tua siswa di MTs NU Al-Sya’iriyah Limpung tahun ajaran 2017-2018?. (2) Bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa di MTs NU Al-Sya’iriyah Limpung tahun ajaran 2017-2018?.(3) Bagaimanakah gambaran prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs NU Al-Sya’iriyah Limpung tahun ajaran 2017-2018?. (4) Adakah pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestastasi belajar siswa di di MTs NU Al-Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang tahun 2017-2018?. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Survey. Adapun variabel independennya adalah Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Motivasi Belajar, variabel dependennya adalah Prestasi Belajar. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 48 responden dengan teknik proportionate random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumus analisis regresi linear berganda, dengan bantuan SPSS. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 70,713 + 0,236X1 + 0,213X2 + e. Uji Parsial (Uji t) diperoleh t hitung variabel tingkat pendidikan orang tua = 1,201 sehingga Ha X1 terhadap Y ditolak. Variabel pengaruh motivasi belajar diperoleh t hitung = 2,538, sehingga Ha X2 terhadap Y diterima. Hasil Uji Simultan (uji F) diperoleh F hitung = 3,984, sehingga Ha X1 dan X2 terhadap Y diterima. Variabel X1 dan X2 secara simultan berpengaruh terhadap Y sebesar 11,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial dan simultan.
19SK1921310.00 | SK PAI 19.310 PIN p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain