SKRIPSI PAI
Penggunaan Humor Dalam Pembelajaran (prespektif Psikologi Komunikasi)
Ardilla, Febriwizar. 2019. Penggunaan Humor Dalam Pembelajaran (Perspektif Psikologi Komunikasi). Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Pekalongan (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. Imam Suraji, M.Ag.
Kata Kunci: Humor, Pembelajaran, Psikologi Komunikasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan pembelajaran terkait dengan suasana yang tidak kondusif yang menyebabkan pola interaksi dan komunikasi saat pembelajaran berlangsung menjadi tidak optimal. Kemudian melihat ada satu produk yang bisa dijadikan sebagai elternatif solusi terkait dengan masalah tersebut, ialah humor. Dengan berbagai manfaat dan fungsi yang ditawarkan oleh humor, seharusnya ini bisa dicermati lebih lanjut untuk diadopsi dalam sebuah pembelajaran kaitannya dengan masalah awal tadi. Psikologi komunikasi sebagai kajian ilmu yang fokus pada pengkajian gejolak jiwa pada proses komunikasi dirasa akan mampu menyingkap dan menelaah tentang penggunaan humor dalam pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana pandangan teori psikologi komunikasi tentang penerimaan humor dan (2) Bagaimana teknis penggunaan humor dalam pembelajaran. Berawal dari dua rumusan masalah tersebut akan dikaji segala hal yang berkaitan dengan humor dan kebermanfaatannya serta penggunaannya dalam pembelajaran, sehingga mampu untuk ditelaah teknis penggunaan humor yang tepat daalam suatu proses pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah library research atau penelitian pustaka. Dengan menggunakan teknik studi pustaka untuk mengumpulkan data dari sumber primer berupa buku Strategi Pembelajaran Menyenangkan Menggunakan Dengan Humor karya Darmansyah dan buku Psikologi Komunikasi karya Jalaluddin Rakhmat. Sementara itu, penelitian ini mengunakan metode analisis yang dikemukakan oleh van Manen, yaitu: (1) Apache, (2) Reduksi, dan (3) Strukturisasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Humor dengan segala menfaatnya dapat mengoptimalkan proses interaksi dan komunikasi setelah dianalisis mengunakan tiga ranah teori dalam kajian psikologi komunikasi, dan (2) Penggunaan humor dalam pembelajaran bisa dilakukan dengan dua jenis humor yaitu planned humor dan unplanned humor, sementara untuk waktu penggunaanya yang direkomendasikan adalah saat awal pertemuan, jeda strategis, dan akhir pertemuan.
19SK1921302.00 | SK PAI 19.302 ARD p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain