SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Drill Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al Qur'an Siswa Penyandang Tunagrahita SMPLB PRI Buaran Kota Pekalongan
Aini, Dian Nurul. 2019. Implementasi Metode Drill Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Penyandang Tunagrahita SMPLB PRI Buaran Kota Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dr. Esti Zaduqisti, M.Si
Kata kunci : Implementasi Metode Drill, Kemampuan Membaca Al-Quran, Siswa Tunagrahita
Kemampuan siswa tunagragita dalam membaca Al-Quran masih terbata-bata, hal ini dapat dibuktikan ketika siswa sedang membaca Al-Quran mereka masih kurang memahami ilmu tajwid dan dalam membacanya masih belum fasih. Membaca Al-Quran dengan baik dan benar merupakan kewajiban bagi umat islam. Untuk itu bagi yang membacanya memerlukan kemampuan, kemampuan dalam membaca Al-Qur’an merupakan kesanggupan, kecakapan dan kekuatan seseorang dalam membaca Al-Qur’an secara tartil dan memahami maksud serta mengerti makna yang terkandung dalam bacaan dan yang membacanya adalah ibadah. Banyak metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Salah satunya dengan metode drill. Metode drill dapat digunakan baik pada saat mengajarkan kecakapan motoris maupun kecakapan mental. Namun demikian, metode drill ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Oleh karenanya diperlukan langkah-langkah khusus agar penggunaan metode drill ini dapat berjalan dengan efektif sehingga hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat mencapai hasil maksimal. Adapun langkah-langkah metode drill tersebut adalah : menyampaikan tujuan yang hendak dicapai, memotivasi peserta didik, melakukan latihan dengan pengulangan secara bertahap, aplikasi, evaluasi dan tindak lanjut.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana kemampuan membaca Al-Quran siswa tunagrahita SMPLB PRI Buaran Kota Pekalongan? Bagaimana implementasi metode drill dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran siswa tunagrahita SMPLB PRI Buaran Kota Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran siswa tunagrahita SMPLB PRI Buaran Kota Pekalongan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kemampuan membaca Al-Quran siswa tunagrahita di SMPLB PRI Buaran cukup baik. Siswa tunagrahita mampu membaca Al-Quran dengan kesadaran diri sendiri tanpa diperintah oleh
viii
guru. Kedua, Implementasi Metode drill dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa tunagrahita sudah sangat baik. Guru mampu mengimplementasikan metode drill pada saat belajar mengajar dan respon siswa tunagrahita cukup baik. Ketiga, faktor pendukung yang dihadapi dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran siswa tunagrahita yaitu adanya motivasi dari semua pihak baik itu guru, orang tua dan siswa tunagrahita sendiri. Faktor penghambat yang dihadapi dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran siswa tunagrahita SMPLB PRI Buaran Kota Pekalongan yaitu minimnya jumlah tenaga guru agama, kurangnya gambar dan alat peraga pembelajaran, minimnya buku-buku maupun modul yang dipakai guru, dan kurangnya motivasi dukungan dari orang tua.
19SK1921298.00 | SK PAI 19.298 AIN i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain