SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Motif Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Angkatan 2014 - 2016
Perkembangan teknologi internet memberikan banyak kemudahan dalam
berkomunikasi telah mampu mengubah perilaku masyarakat, termasuk perilaku
pengambilan keputusan pembelian. Tren belanja konsumen yang dahulu
dilakukan secara konvensional, lama-kelamaan dapat berbelannja secara praktis
melalui internet. Pembelian yang dilakukan dengan sistem online dapat
menyebabkan terjadinya pembelian secara impulsif. Oleh karena itu peritel atau
penjual online perlu mencermati perilaku konsumen dan faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi pemebelian impulsif secara online.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan,
Harga, dan Motif Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online
Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan Angkatan
2014-2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif. Sampling yang digunakan adalah Probability sampling, dengan teknik
Random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner
yang berisi 21 pernyataan yang disebarkan kepada 100 responden.Data
dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi
linear berganda diperoleh persamaan: Y = (-3,653) + 0,363 X1 + 0,174 X2 +
0,239 X3 + e. Variabel yang paling dominan mempengaruhi pembelian impulsif
secara online adalah variabel kualitas pelayanan dengan koefisien sebesar 0,363.
Hasil uji adjusted R square pada penelitian ini diperoleh nilai adjusted R square
sebesar 0,458. Artinya seluruh variabel turunan pembelian impulsifmempunyai
kontribusi secara bersama-sama sebesar 45,8% terhadap variabel dependen (Y)
yakni pembelian impulsif secara online. Sisanya 54,2 % dipengaruhi oleh
variabel-variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian.
Kata kunci: Pembelian Impulsif, Kualitas Pelayanan, Harga, Motif Belanja
Hedonis
19SK1941014.00 | SK EKOS 19.014 ROS p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain