SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk "Rumah Warna" (Studi pada Mahasiswa Eonomi Syariah IAIN Pekalongan)
Berbagai merek tas banyak beredar dipasaran salah satunya adalah Rumah
Warna. Rumah Warna adalah suatu industri kreatif pernak-pernik dengan produk
utama yaitu berupa tas, dompet, dan frame yang berada di Yogyakarta. Berkaitan
dengan keputusan pembelian mahasiswi ekonomi syariah IAIN Pekalongan
terhadap produk Rumah Warna maka perlu mengamati beberapa perilaku yang
dapat mempengaruhi konsumen atau mahasiswi ekonomi syariah IAIN
Pekalongan dalam mengambil keputusan pembelian diantaranya kualitas produk,
harga, dan brand image. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
kualitas produk, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen
membeli produk Rumah Warna baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Ekonomi Syariah yang memiliki
produk Rumah Warna. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Metode analisis
menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung kualitas produk sebesar 3,813
dan brand image sebesar 5,784 dan nilai t tabel sebesar 2,013. Hasil t hitung > t
tabel, dan siginifikansi sebesar 0,000 dan 0,000 kurang dari 0,05 artinya kualitas
produk dan brand image secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian konsumen produk Rumah Warna pada mahasiswi Ekonomi
Syariah IAIN Pekalongan sedangkan nilai t hitung harga sebesar -0,292 dan nilai t
tabel sebesar 2,013. Hasil t hitung < t tabel dan signifikansi sebesar 0,771 lebih
dari 0,05 artinya harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen produk Rumah Warna pada mahasiswi Ekonomi Syariah
IAIN Pekalongan. Secara simultan diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel
18,006 > 2,81 artinya secara simultan antara kualitas produk, harga dan brand
image berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen produk Rumah
Warna pada mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan. Besarnya pengaruh
kualitas produk, harga dan brand image berpengaruh terhadap keputusan
pembelian konsumen produk Rumah Warna pada mahasiswi Ekonomi Syariah
IAIN Pekalongan secara simultan adalah sebesar 51 % sedangkan 49 % lainnya
dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Brand Image dan Keputusan
Pembelian
19SK1941001.00 | SK EKOS 19.001 KAM p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain