SKRIPSI PAI
Peran Tokoh Agama Dalam Pembinaan Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi Bagi Remaja Desa Ketitangkidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan
Apriyani, Tiya. 2019. Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi Bagi Remaja Desa Ketitangkidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan / Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Ahmad Burhanuddin, M.A.
Kata kunci: Tokoh Agama, Pendidikan Agama Islam, Remaja, Globalisasi
Pendidikan agama Islam sangat penting bagi remaja terlebih lagi pada era globalisasi seperti sekarang ini. Globalisasi membawa pengaruh yang kuat bagi mereka. Maka di sini perlu adanya sebuah pembinaan pendidikan agama Islam untuk para remaja. Dalam kaitannya dengan pendidikan agama Islam tentu yang menjadi sorotan adalah tokoh agama. Tokoh agama dianggap orang yang cakap dalam bidang pendidikan agama Islam. Tokoh agama dalam menjalankan perannya harus ada dukungan dari remaja. Namun pada kenyataannya para remaja desa Ketitangkidul belum antusias mengikuti pembinaan yang dilakukan oleh tokoh agama.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman dan pengamalan pendidikan agama Islam remaja desa Ketitangkidul kecamatan Bojong kabupaten Pekalongan ?, bagaimana peran tokoh agama dalam pembinaan pendidikan agama Islam di era globalisasi bagi remaja desa Ketitangkidul kecamatan Bojong kabupaten Pekalongan ?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman dan pengamalan pendidikan agama Islam remaja desa Ketitangkidul kecamatan Bojong kabupaten Pekalongan dan untuk mendeskripsikan peran tokoh agama dalam pembinaan pendidikan agama Islam di era globalisasi bagi remaja desa Ketitangkidul kecamatan Bojong kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reserch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah tokoh agama, remaja, kepala desa dan dokumen-dokumen. Dalam penelitian ini, analisis data bersifat deskriptif kualitatif.
Hasil penelitiannya adalah pemahaman dan pengamalan pendidikan agama Islam remaja desa Ketitangkidul beragam. Ada yang sudah bisa memahami dengan baik namun ada juga yang belum memahami dengan baik. Ada remaja yang pengamalan agamanya baik serta ada juga remaja yang pengamalannya belum baik. Kemudian para tokoh agama telah menjalankan perannya namun belum maksimal dalam membina pendidikan agama Islam remaja. Peran yang dijalankan tokoh agama masih hanya seputar mendidik, mengajar dan membimbing. Peran para tokoh agama ini belum memberikan dampak yang signifikan dan menyeluruh terhadap para remaja di desa Ketitangkidul kecamatan Bojong kabupaten Pekalongan.
19SK1921294.00 | SK PAI 19.294 APR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain