SKRIPSI PAI
Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alqiran Santri TPQ 'Aisyiyah Ta'aruf Petukangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Faridatunnisa’. 2018.. Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Santri TPQ ‘Aisyiyah Ta’aruf Petukangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Triana Indrawati, M.A.
Kata Kunci: Guru, Membaca Alquran
Salah satu orang yang dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran santri adalah guru. Guru sebagai pengganti peran orang tua di sekolah perlu memiliki kesadaran, pemahaman, kepedulian, dan komitmen untuk membimbing peserta didik menjadi manusia-manusia shaleh yang bertaqwa. Fitrah kecintaan guru kepada peserta didik telah mendorong berbagai upaya untuk menjadikan peserta didik menjadi makhluk yang lebih baik.
Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini diantaranya bagaimana kemampuan membaca Alquran santri TPQ ‘Aisyiyah Ta’aruf Petukangan dan apa saja bentuk-bentuk peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran santri TPQ ‘Aisyiyah Ta’aruf Petukangan. Kegunaan penelitian ini diantranya sebagai bahan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi penulis mengenai peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran, dapat dijadikan rujukan bagi para mahasiswa atau masyarakat umum lainnya yang berkaitan dengan membaca Alquran, dan penelitian ini diharapkan dapat menambah kepustakaan yang berupa hasil penelitian dengan harapan dapat dijadikan sebagai acuan karya tulis ilmiah yang akan datang.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa: pertama, kemampuan membaca Alquran santri TPQ ‘Aisyiyah Ta’aruf Petukangan dapat dikatakan bagus, karena dari 12 perilaku yang merupakan penjabaran dari 4 indikator, hanya ditemukan 5 kesalahan, dan dari kesalahan tersebut ada perubahan di hari berikutnya. Kedua, peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran santri TPQ ‘Aisyiyah Ta’aruf Petukangan yaitu guru sebagai pendidik, pemimpin, pembimbing, motivator, model dan teladan, dan fasilitator.
19SK1921292.00 | SK PAI 19.292 FAR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain