SKRIPSI PAI
Pengembangan Bakat Minat Siswa Dengan Model Sistem Full Day School Di MTs Muhammadiyah Batang
Utari, Tri. 2019. Pengembangan Bakat Minat Siswa dengan Model Sistem Full Day School di MTs Muhammadiyah Batang. Skripsi Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Jurusan PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Siti Mumun Muniroh, S. Psi, M.A.
Kata Kunci: full day school, bakat minat
Upaya perbaikan sistem pendidikan di Indonesia sampai saat ini terus dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dan mengimbangi perkembangan dunia industri dan juga bidang IPTEK yang sangat cepat. Tanpa adanya peningkatan mutu dan penyeimbangan dalam dunia pendidikan, maka kita akan terjebak pada situasi dimana pendidikan berpotensi menjadi beban masyarakat dan negara, karena melahirkan pengangguran dari pendidikan yang tidak produktif.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan bakat minat siswa dengan model sistem full day school di MTs Muhammadiyah Batang, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pengembangan bakat minat siswa dengan model sistem full day school di MTs Muhammadiyah Batang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengembangan bakat minat siswa dengan model sistem full day school di MTs Muhammadiyah Batang, (2) Mengeksplorasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pengembangan bakat minat siswa dengan model sistem full day school di MTs Muhammadiyah Batang.
Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis data penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengembangan bakat minat siswa dengan model sistem full day school di MTs Muhammadiyah Batang sudah berjalan dalam waktu tiga tahun terakhir dengan menerapkan kurikulum pendidikan nasional yang diintegrasikan dengan kurikulum pengembangan sekolah yakni berupa penambahan program-program bakat minat, unggulan dan pembiasaan guna melengkapi kebutuhan kompetensi siswa sehingga memberikan dampak yang cukup signifikan pada peningkatan prestasi siswa terutama dalam hal non akademik. (2) Faktor pendukung pengembangan bakat minat siswa dengan model sistem full day school di MTs Muhammadiyah Batang adalah adanya dukungan dari internal sekolah dan pihak lain, sekolah pertama di Batang dengan program bakat minat, pelatih yang berkompeten bagi kelas peminatan bakat minat. Adapun faktor penghambat pengembangan bakat minat siswa dengan model sistem full day school di MTs Muhammadiyah Batang diantaranya, pelatih yang belum maksimal, sarpras kurang lengkap, ada anak yang belum sesuai bakat minat, serta tuntutan profesionalitas kerja.
19SK1921290.00 | SK PAI 19.290 UTA p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain