SKRIPSI PAI
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas VIII Di SMP Negeri Wiradesa Kab. Pekalongan Tahun Pelajaran 2018/2019
Markhamah, Yaumul. 2019. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti KelasVIII di SMP Negeri 2 Wiradesa Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Santika Lya Diah Pramesti, M.Pd.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kurikulum 2013
Menjadi seorang guru adalah profesi yang sangat mulia. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 3 ayat 4 kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik. Maka seorang guru harus mampu memenuhi tugas dan kewajibannya. Dengan memiliki bekal kompetensi pedagogik diharapkan mampu dalam menentukan tujuan yang menjadi target utama keberhasilan proses pendidikan sesuai dengan tujuan kurikulum yang berlaku saat ini, yaitu kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan penilaian autentik untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Penelitian ini mengajukan rumusan masalah tentang bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 2 Wiradesa Kab. Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019, bagaimana pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 2 Wiradesa Kab. Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019, dan adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 2 Wiradesa Kab. Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif menekankan analisisnya pada data-data angka (numberical) yang diolah dengan metode statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Wiradesa Kab. Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 245 siswa. sampel yang diteliti adalah 20% X 245 siswa = 49 siswa dari 8 kelas. Untuk mengumpulkan data-data, penulis menggunakan metode angket, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan persamaan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian ini didapat hasil bahwa Kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 2 Wiradesa Kab. Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019 dapat dikatakan baik
viii
dengan nilai 61, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan angket yang terletak pada interval 59 – 63. Artinya semua indikator variabel kompetensi pedagogik guru yang diujikan terlaksana dengan baik. Pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 2 Wiradesa Kab. Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019 dapat dikatakan cukup dengan nilai 60, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan angket yang terletak pada interval 58 – 62. Artinya semua indikator variabel pelaksanaan kurikulum 2013 yang diujikan masih tergolong cukup. Kompetensi pedagogik guru berpengaruh sangat signifikan terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 2 Wiradesa Kab. Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019, hal ini dibuktikan dari besarnya tingkat signifikan 1% Nilai ttabel = t(47;0,005) = 0,372 maka ttest = 2,430 > ttabel = 0,372 sehingga H0 ditolak, Ha diterima. Dan pada tingkat signifikan 5% Nilai ttabel = t(47;0,025) = 0,288 maka ttest = 2,430 > ttabel = 0,288 sehingga H0 ditolak, Ha diterima. Adapun besar pengaruhnya yaitu 11,15%, sedangkan sisanya (88,85%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
19SK1921289.00 | SK PAI 19.289 MAR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain