SKRIPSI PAI
Peran Pola Asuh Pengganti Orang Tua Perantau Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Di Desa Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Falah, Nurul. 2019. Peran Pola Asuh Pengganti Oramg Tua Perantau dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak di Desa Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Progam Studi S1 Institut Agama Islam Negeri (IAIN Pekalongan). H. Abdul Khobir, M.Ag.
Kata Kunci : Pola Asuh, Kecerdasan Sosial Emosional.
Pola asuh yang dimaksud dalam penelitain ini adalah cara atau model orang tua dalam membimbing dan mendidik anak untuk mengarahkannya dalam membiasakan anak berperilaku baik dilingkungannya.Orang tua memiliki peranan yang penting dalam pengasuhan anak. Namun, jika peran tersebut tidak dapat terlaksana dengan baik karena orang tua dalam perantauan maka pengganti orang tua dipilih untuk menjalankan peran tersebut. Perkembangan kecerdasan sosial emosional adalah proses berkembangnya kemampuan anak untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Perkembangan ini sangat dipengaruhi oleh pengasuhan yang diterapkan oleh pengganti orang tua perantau maka peran pola asuh orang tua pengganti perantau akan memberikan dampak dalam perkembangan kecerdasan sosial emosional anak di desa Sidorejo kecamatan Warungasem kabupaten Batang agar anak memiliki kecerdasan sosial emosional yang baik..
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh pengganti orang tua perantau di Desa Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang, bagaimana kecerdasan sosial emosional anak di Desa Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang dan bagaimana peran pola asuh pengganti orang tua perantau dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak di Desa Sidorejo Kecamatan Warungsem Kabupaten Batang. Penelitian ini dilakukan untuk tujuan mengetahui pola asuh pengganti orang tua perantau di Desa Sidorejo, untuk mengetahui kecerdasan sosial emosional anak di Desa Sidorejo dan untuk mengetahui peran pola asuh pengganti orang tua perantau dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak di Desa Sidorejo. Kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pola asuh yang diterapkan dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak di Desa Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan metode analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh yang digunakan oleh pengganti orang tua perantau di desa Sidorejo adalah Pola Asuh Otoriter dan Pola asuh Demokratis. Kecerdasan Sosial anak cukup baik yaitu anak mampu mengatur perilakunya, mengelola emosi dan mengeskpresikan dalam bentuk konstruktif,
xii
mampu bersikap jujur dan sikap kepedulian anak juga cukup baik. Peran pola asuh pengganti orang tua peranatau dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak di desa Sidorejo cukup baik yaitu memperkenalkan anak dalam bidang agama, memenuhi kebutuhan biologis anak, mengasuh dan mendidik anak, memberikan pendidikan formal maupun non formal, dan memperkenalkan lingkungan sosial kepada anak.
19SK1921286.00 | SK PAI 19.286 FAL p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain