SKRIPSI PAI
Penerapan Strategi Active Learning Pada Pembelajaran PAI Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan
Safitriani,Wildani.2019. Penerapan Strategi Active Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Failasuf Fadli, M.S.I
Kata kunci : Strategi, Belajar aktif (active learning), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam diperlukan strategi yang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Untuk itu guru perlu menerapkan strategi belajar aktif (active laerning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena di dalam strategi active learning terdapat model-model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik, memahami dan mengaktifkan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Penerapan Strategi Active Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Strategi Active Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan. Untuk mencapai tujuan dari penelitian di atas, menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), merupakan penelitian yang dilakukan ditempat terjadinya gejala-gelaja yang diselidiki yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam masyarakat. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Petarukan, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A-I. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi.
19SK1921285.00 | SK PAI 19.285 SAF p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain