SKRIPSI PAI
Penerapan Ta'zir Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Miftakhul Ulum Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Astriani, Novi. 2021213012. 2018. Penerapan Ta’zir dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Miftakhul Ulum Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/S1 PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dra. Hj. Musfirotun Yusuf, M.M. `
Kata Kunci: Ta’zir, Kedisiplinan, Santri, Pondok Pesantren
Pondok Pesantren Miftakhul Ulum Muhammadiyah Pekajangan terdapat aturan dan tata tertib yang harus di jalankan. Aturan di tentukan atas kesepakatan bersama yang telah di setujui oleh mudzir pondok, pengurus, ustad, ustadzah sehingga jika ada yang melanggar peraturan tersebut akan dikenakan ta’zir. Ta’zir di gunakan di pondok pesantren untuk memperbaiki individu santri agar menyadari kekeliruannya dan tidak akan mengulanginya kembali, sehingga aturan tersebut menjadikan santri lebih disiplin dan bertanggung jawab. Dari berbagai macam aturan dan dan tata tertib yang berlaku, masih ada santri yang melanggarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk ta’zir di Pondok Pesantren Miftakhul Ulum Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan?, Bagaimana pelaksanaan kedisiplinan di Pondok Pesantren Miftakhul Ulum Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan?, Bagaimana penerapan ta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Miftakhul Ulum Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan?. Tujuan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk ta’zir di Pondok Pesantren Miftakhul Ulum Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, untuk mendeskripsikan pelaksanaan kedisiplinan di Pondok Pesantren Miftakhul Ulum Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, untuk mendeskripsikan penerapan ta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Miftakhul Ulum Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Kegunaan penelitian ini yaitu: sebagai sumbangan teoritis dalam pengembangan dalam dunia pendidikan khususnya mengenai ta’zir terhadap kedisiplinan santri yang ada di pondok pesantren, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman praktis bagi para pendidik (ustad/ustadzah) dalam penerapan hukuman yang bersifat pedagogis kepada anak didik/santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research (studi lapangan). Subjek dan sumber data penelitian ini adalah mudzir, ustadz dan ustadzah Pondok Pesantren Miftakhul Ulum Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Sedangkan pengumpulan data dengan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
19SK1921255.00 | SK PAI 19.255 AST p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain