SKRIPSI PAI
Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru SMP Negeri 15 Pekalongan
Amalia Sulistiya, Rifka, 2021113094. 2018. Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru SMP Negeri 15 Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Aris Nurkhamidi, M.Ag. Kata Kunci : Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kedisiplinan Guru.
Kepemimpinan adalah salah satu faktor yang sangat berperan dalam organisasi dan baik buruknya organisasi sering kali sebagian besar tergantung pada faktor pemimpin, salah satunya di SMP Negeri 15 Pekalongan. Kepala sekolah menggunakan pendekatan terhadap bawahannya dengan keteladanan sikapnya. Dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru, kepala sekolah menerapkan beberapa pola sehingga mempengaruhi kedisiplinan guru seperti kedisiplinan waktu, kedisiplinan kerja dan kedisiplinan terhadap peraturan.
Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini meliputi: bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 15 Pekalongan, bagaimana kedisiplinan guru di SMP Negeri 15 Pekalongan dan bagaimana pola kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru SMP Negeri 15 Pekalongan. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 15 Pekalongan, untuk mengetahui kedisiplinan guru di SMP Negeri 15 Pekalongan dan untuk mengetahui pola kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru SMP Negeri 15 Pekalongan. Dalam penelitian ini terdapat dua kegunaan, yaitu kegunaan teoritis: a). dapat menambah pengetahuan tentang pola kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru, b). sebagai khazanah keilmuan bagi masyarakat pendidikan khususnya yang berkaitan dengan kepemimpinan yang ada di sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Kegunaan praktis: a). sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan dalam proses pengambilan kebijakan lebih lanjut dalam rangka usaha kepala sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan guru di SMP Negeri 15 Pekalongan, b). dapat memberikan gambaran tentang profil dan karakteristik kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMP Negeri 15 Pekalongan
19SK1921252.00 | SK PAI 19.252 SUL p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain