SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Produk SIHARFI KSPP Syariah SM NU Cabang Warungasem)
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kepuasan Nasabah.
KSPP Syariah SM NU Cabang Warung Asem Kabupaten Batang merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang mempunyai fungsi untuk melayani pembiayaan dan simpanan masyarakat. Produk Simpanan Hari Raya (SIHARFI) termasuk salah satu produk unggulan di KSPP Syariah SM NU Cabang Warung Asem, Produk SIHARFI KSPP Syariah SM NU dipasarkan oleh karyawan KSPP Syariah SM NU dengan melakukan promosi produk tersebut melalui iklan, penyebaran brosur ke sekolah-sekolah di sekitar lokasi KSPP Syariah SM NU Cabang Warung Asem juga melakukan sosialisasi ke sekolah lainnya yang berada disekitar kota Pekalongan. Selain itu, KSPP Syariah SM NU juga menciptakan citra yang baik di mata para nasabah dengan memberikan kepastian dalam pelayanan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pertama, apakah pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan nasabah?. Kedua, apakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah?. Ketiga, apakah pengaruh promosi terhadap kepuasan nasabah?. Keempat, apakah pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan nasabah KSPP Syariah SM NU Cabang Warung Asem Kabupaten Batang?. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan nasabah, untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah, untuk mengetahui hubungan antara promosi dengan kepuasan nasabah, dan untuk mengetahui hubungan antara kualitas produk, pelayanan, dan promosi dengan kepuasan nasabah KSPP Syariah SM NU Cabang Warung Asem Kabupaten Batang.
Adapun kegunaan penelitian ini adalah, yaitu Manfaat Akademik, penelitian ini diharapkan sebagai bahan referensi perpustakaan dan sebagai rekomendasi penelitian yang dilakukan di Indonesia di masa yang akan datang. Manfaat Lembaga, penelitian ini diharapkan mampu memberikan tambahan pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah KSPP Syariah SM NU Cabang Warung Asem Kabupaten Batang, sehingga memberikan informasi tentang produk, pelayanan dan promosi di dalamnya. Manfaat Peneliti, menambah wawasan dan pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dan menguji pengetahuan yang telah didapatkan ketika kuliah untuk dapat diaplikasikan dalam penelitian dan mengolah data yang ada untuk mencapai hasil yang diharapkan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu jenis penelitian dengan cara mencatat, mendokumentasikan, mengumpulkan berbagai informasi yang ditemukan dilapangan khususnya tentang kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi serta kepuasan nasabah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode angket/kuesioner. Kemudian metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, pengujian asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Uji F (secara simultan), yaitu dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1), kualitas pelayanan, (X2), dan promosi (X3) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh positif (meningkatkan) terhadap kepuasan nasabah KSPP SM NU Cabang Warung Asem Kabupaten Batang. Uji t (secara parsial), yaitu dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah KSPP SM NU Cabang Warung Asem Kabupaten Batang. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X2) memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah KSPP SM NU Cabang Warung Asem Kabupaten Batang. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel promosi (X3) memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah KSPP SM NU Cabang Warung Asem Kabupaten Batang.
Adapun Nilai t hitung variabel kualitas produk sebesar 5,558 > t tabel 1,990 dengan signifikansi pada perhitungan SPSS (0,131) juga lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, maka variabel kualitas produk memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah KSPP SM NU Cabang Warung Asem Kabupaten Batang. Sedangkan Nilai t hitung variabel kualitas pelayanan sebesar 0,309 > t tabel 1,990 dengan signifikansi pada perhitungan SPSS (0,758) juga lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, maka variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah KSPP SM NU Cabang Warung Asem Kabupaten Batang. Nilai t hitung variabel promosi sebesar 0,179 < t tabel 1,990 dengan signifikansi pada perhitungan SPSS (0,859) juga lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, maka variabel promosi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah KSPP SM NU Cabang Warung Asem Kabupaten Batang.
19SK1941006.00 | SK EKOS 19.006 ROH p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain