SKRIPSI PAI
Pengaruh Pembiasaan tadarus Al Qur'an Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Dalam Mata Pelajaran Al Qur'an Hadist Di MTs NU 02 Batang
Fadhila, Ila. 2018. Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs NU 2 Batang. Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S1 PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. Slamet Untung, M. Ag.
Kata kunci: Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an dan Motivasi Belajar.
Pembiasaan membaca Al-Quran dapat dilakukan di bangku sekolah, terutama di Sekolah Menengah pertama (SMP). Mereka yang masih muda memiliki “rekaman” ingatan yang kuat dan kondisi kepribadian yang masih labil, sehingga mereka mudah dibentuk dengan kebiasaan-kebiasaan baik menjadi pribadi yang baik yang dilakukan sehari-hari. Pembiasaan ini dinilai efektif karena mampu meningkatkan motivasi belajar anak di sekolah. Membaca Al-Quran merupakan suatu kewajiban yang harus kita lakukan sebagai umat muslim. Namun sayangnya di era modern ini banyak teknologi baru yang lebih menarik minat anak-anak daripada belajar dan membaca Al-Quran. Handphone, televisi, dan game, menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu selama berjam-jam dibanding harus menyediakan waktu beberapa menit untuk belajar. Oleh karena itu diperlukan motivasi belajar yang diterapkan di sekolah maupun di rumah.
Rumusan masalah dalam hal ini adalah Bagaimana pembiasaan tadarus Al-Qur’an kelas VIII di MTs NU 02 Batang? Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs NU 2 Batang? Bagaimana pengaruh tadarus Al-Qur’an terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs NU 2 Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembiasaan tadarus Al-Qur’an kelas VIII di MTs NU 02 Batang, untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs NU 2 Batang, untuk mengetahui pengaruh tadarus Al-Qur’an terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs NU 2 Batang. Kegunaan penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan masukan bagi MTs NU 2 Batang untuk selalu memberikan motivasi belajar bagi peserta didik melalui pembiasaan tadarus Al-Qur’an supaya dapat menciptakan peserta didik yang Qur’ani.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research). Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi.
19SK1921249.00 | SK PAI 19.249 FAD p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain